Perpisahan Pembelajaran Literasi, Sastra, dan Jurnalistik di SMP PGRI As Sarqowi Sepanjang

Perpisahan Pembelajaran Literasi, Sastra, dan Jurnalistik di SMP PGRI As Sarqowi Sepanjang

Muhammad Masykur Izzy Baiquni, Minggu 25 Desember 2022

Pengabdian di SMP As Syarqowi

LP Ma’arif Kabupaten Malang.

Sabtu, (25/12/2022) perpisahan pembelajara literasi, sastra, dan pendampingan jurnalistik dalam bingkai “Fakultas Tarbiyah dan LP Ma’arif Kabupaten Malang Mengabdi” yang bertempat disekolah SMP PGRI As-Sarqowi Sepanjang sukses digelar .

Acara ini dihadiri oleh Sebagian Mahasiswa/i Tadris Bahasa Indonesia Semester 1, 3, dan5. kedatangan Muhammad Masykur Izzy Baiquni Dekan Fakultas Tarbiyah sekaligus Pembimbing Komunitas Bravo Jurnalistik Tarbiyah, Dr. Kholik M.Pd., Kaprodi Tadris Bahasa Indonesia, juga turut memeriahkan pada acara perpisahan ini.
Dibukalah acara tersebut dengan sambutan-sambutan yang di bawakan oleh M. Albarizi selaku guru SMP as sarqowi selanjutnya dicetuskan oleh sambutan-sambutan lain yang dibawakan oleh Muhammad Masykur izzy Baiquni M.Pd ( selaku pembimbing bravo tarbiyah) dan kholik M.pd ( selaku ketua kaprodi tadris bahasa Indonesia).

“Kebanyakan pembelajar saat ini mudah emosional dan tidak bisa mengendalikan amarahnya karena disebabkan kurangnya pembelajaran sastra, maka oleh sebab itu ajari seorang anak membaca buku tentang sastra mulai dari kecil agar hatinya bisa lembut ” tegas Izzy. “pembelajar banyak kehilangan imajinasinya karena tidak mau membaca, sehingga literasi tidak terbiasa. literasi bukan hanya membaca dan menulis, literasi berkembang menjadi multiliterasi, dan inilah yang harus dicapai pembelajar sebagai generasi multiliterat,” cetus nya lagi dengan nada tinggi dan bersemangat.

Dalam forum ini juga ia menjelaskan tentang pengabdian yang dilakukan oleh Fakultas Tarbiyah dengan LP Ma’arif Kabupaten Malang. beliau mengajak mahasiswa untuk terus melakukan pengabdian di berbagai lembaga sambil mengembangkan kegiatan fakultas dan mensukseskan kegiatan kegiatan LP Ma’arif Kabupaten Malang.

Sambil tidak lupa menjelaskan tentang apa itu LP Ma’arif dan mengapa perlunya madrasah dan sekolah-sekolah turut bersama-sama bergabung di LP Ma’arif Kabupaten Malang khususnya.

Perpisahan ini diisi dengan pentas seni perwakilan dari setiap divisi dari Hmj Tadris Bahasa ndonesiaI seperti cerpen, puisi, Stand up comedi yang dibawakan oleh mahasiswa/i Tardris Bahasa Indonesia semester satu dan tiga sebagai hiburan acara perpisahan pada pertemuan kali ini.

Pembagian hadiah menjadi bahan pungkasan sebelum acara ditutup dengan foto bersama, hadiah ini sebagai bentuk penghargaan kepada siswa-siswi SMP PGRI As Sarqowi atas kekompakan dan kebersamaan di setiap kelompok pembelajaran literasi, sastra, jurnalistik yang sudah ditentukan.

Diakhir acara pemberian cinderamata sebagai bentuk apresiasi terhadap karyasiswa/i SMP PGRI As Sarqowi yang turut berpartisipasi pada pengabdian pembelajaran jurnalis kali ini. Foto-foto menjadi sesi paling akhir sebagai dokumentasi dan kenangan selama masa pengabdian jurnalis ini.

Penulis: Adinda Shofa Walmarwa
Editing : Eka Putri Vania

Penyunting: mzizzybq