Dr. Amka “Ayo Lanjutkan Perjuangan KI Ageng Ompong”

Dr. Amka “Ayo Lanjutkan Perjuangan KI Ageng Ompong”

Muhammad Masykur Izzy Baiquni. Selasa, 8 Agustus 2023

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang

Rabu (2/8/2023) Ketua LP Ma’arif NU Kabupaten Malang Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I., menjadi pemateri dalam seminar Parenting yang diadakan oleh Yayasan Pendidikan Islam dan Kesejahteraan Ummat “Budi Mulia” yang menaungi Lembaga Pendidikan SMP-SMK Budi Mulya yang berlokasi di Kecamatan Pakisaji.

Dalam acara tersebut Dr. Amka (sapaan akrab Ketua LP Ma’arif) menanamkan Nilai-nilai dalam parenting dengan menitikberatkan kepada “kurikulum manusia”. Beliau menjelaskan “Pendidikan parenting dimulai dari masa pemerolehan pasangan antara seorang laki-laki dan perempuan”

“Yayasan ini didirikan oleh KH Nur Salim yang kadang disebut dengan Ki Ageng Ompong, beliau berjuang membangun yayasan ini dengan sinergi yang kuat dengan masyarakat dan dibantu dengan doa kaum dhuafa serta anak yatim. Kami saat ini berjuang untuk melanjutkan perjuangan beliau”

Baca juga: Ma’arif Menembus Media Informasi Bersama Radar Malang

Aula Rumah Makan Bojana Puri Kepanjen menjadi tempat giat yang bertema “Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka dan Parenting di Lingkungan Sekolah SMP Budi Mulia Pakisaji”. Hadir 40 orang guru dan perwakilan yayasan yang sangat riuh dan kompak mengikuti workshop tersebut. “Kami juga bertujuan untuk meningkatkan semangat kerukunan dan melanjutkan semangat pendiri, Saya adalah santri dari pendiri Yayasan ini” Ujar Kepala SMP Budi Mulia.

Dr. Amka mengajak para pendidik untuk focus pada aspek membangun manusia dari para murid, beliau juga mengajak untuk membangun lingkungan yang kondusif demi pembelajaran. Menurutnya bahwa kepemimpinan tentang diri manusia bisa dibangun dalam lingkungan yang baik dan kondusif.

Masih menurut ketua LP Ma’arif bahwa perlu ditanamkan jiwa mencintai profesi sebagai seorang guru, dan orientasi kebahagiaan yang dibangun demi memunculkan semangat mendidik dengan hati yang Ikhlas dan semangat totalitas yang besar. Selain itu, diskusi tentang materi tersebut dilaksanakan secara intensif. Beberapa guru menanyakan materi dengan antusias.