Madrasah Aljuneid Al Islamiah Singapore, Among The Pioneer Madrasah

Madrasah Aljuneid Al Islamiah Singapore, Among The Pioneer Madrasah

Muhammad Masykur Izzy Baiquni. Senin 13 Maret 2023

Ketua LP Ma’arif NU Kabupaten Malang Dr. H. Amka bersama Kepala Madrasah Aljuneid Ustadzah Khairiyana

Berkunjung ke madrasah-madrasah yang berkualitas untuk menempa ilmu pengetahuan sangat memberikan manfaat. Singapura adalah negara yang dikenal memiliki tingkat pendidikan yang baik dan berkualitas. salah satunya adalah Madrasah Aljuneid Al Islamiah.

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang Jatim Indonesia beserta rombongan dari Indonesia melakukan penjajakan kerjasama (letter of intent) dengan Madrasah Aljuneid Singapura. Tujuan kunjungan dan kerjasama ini adalah untuk peningkatan mutu kedua belah pihak. Tampak dalam beberapa sesi, Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I., bersama Ustadzah Khairiyana salaing berdiskusi intens dan saling menyepakati kerjasama tersebut.

Pendiri Madrasah Aljuneid adalah seorang Hadramy, yakni dimiliki oleh keluarga besar Aljuneid. Madrasah Aljuneid sudah berusia 96 tahun. Dan dibina atau dibangun megah sejak 26 tahun lalu dengan biaya 15 miliyar Singapura.

Tokoh-tokoh Madrasah Aljuneid

Madrasah Aljuneid adalah madrasah nomor dua tertua di Singapura. Madrasah ini asalanya merupakah madrasah khusus pelajar putera, tetapi pada tahun 1970 an ada pelajar dari Brunei Darussalam seorang wanita belajar ke Aljunied, maka sejak saat itu madrasah ini terbuka untuk putera dan puteri. Madrasah ini adalah madrasah yang terdiri dari 6 madrasah yang dinaungi oleh yayasan.

Visi Madrasah Aljuneid adalah menghasilkan ulama dan pemimpin global. Ulama masa depan karena itu niat dari pendiri. Inilah ulama diantara ulama. Sudah banyak alumni yang sudah menjadi mufti di beberapa Negara . Ketua agama atau mufti di Singapura banyak dari alumni Aljunied, termasuk menteri agama, tidak kalah di negeri lainnya termasuk banyak mufti di Malaysia adalah alumni Aljunied. Dan itu tetap sebagai tujuan pokok yang tidak akan pernah dirubah sampai akhir

Kurikulum dan visi Aljuneid

Misi Pertama, melahirkan ulama bertakwa yang bisa meminpin wilayah lokal dan juga komunitas global. Kedua, Menghasilkan pelajar yang  seimbang, holistik, dan dinamis di dalam pendidikan. Ketiga,  kekuatan terhadap semua pelajar dari sudut ilmu, kemahiran, dan nilai yang sesuai pada zamannya kelak. Maka di Aljunied baik guru dan pelajar harus berpikir jauh ke masa depan. Keempat, menjadi sekolah model, sekolah percontohan uswatun hasanah dalam mendidik dan mengembangkan potensi para pelajar

Nilai nilai yang dibangun adalah Itqan (efficient), Ihsan (compassionate) dan ikhlas (sincere)Excellent yang juga berarti efisien dan berdisiplin tinggi, misalnya adalah lulusan Aljunied bila menghadiri acara harus memiliki disiplin waktu. Untuk menjadi ulama yang pintar harus disiplin, tanpa disiplin maka akan mengalami kehancuran. Pelajar dan guru harus memiliki nilai ihsan, jiwa yang ikhlas. Guru dan pelajar mengedepankan adab sebelum ilmu. Para ulama belajar adab yang lama selain belajar ilmu.

Madrasah Aljuneid adalah madrasah pertama yang diberi akreditasi oleh Al Azhar Kairo pada tahun 1969. Madrasah Aljuneid sudah bersama al azhar lebih dari 50 tahun. Al junai memiliki penghubung perantara antara al azhar dengan Madrasah Aljuneid. Akreditasi pelajar dari Aljunied bisa langsung masuk ke al Azhar. Alumni Aljunied bisa masuk ke mana saja termasuk ke Timur Tengah seperti Maroko, Turki Madinah dan lainnya. Hal ini karena kekuatan berbahasa arab dari para alumni Madrasah Aljuneid

Pelajar Madrasah Aljuneid

Pada tahun 2018 Madrasah Aljuneid menjadi madrasah pertama di dunia diberi penghargaan sebagai International World School.  Madrasah Aljuneid juga selain memiliki kebahasaan yang kuat, Islamic studiesnya dan juga prestasi pelajarnya. Madrasah Aljuneid mengadakan penguatan pengakajian secara Islamic dan secara sekuler/umum, sebab ini merupakan langkah untuk menghasilkan para alumni seperti Ibnu Sina, al Khwarizmi yang kokoh dalam ilmu agama dan ilmu umum.

Oktober tahun lalu Madrasah Aljuneid mendapat penghargaan dari Apple yaitu “Apple Distinguished School” yang berdurasi selama tiga tahun. Sehingga tidak heran bila setiap ruangan di madrasah mennggunakan teknologi dari Aple.  Ini juga kerja sama Aljuneid, Aple dan wali murid. Madrasah ini memiliki pelajar beragam. Madrasah Aljuneid bisa menyerap masyarakat kalangan ekonomi menengah ke bawah. Ipad itu diberikan oleh Madrasah Aljuneid dengan pembiayaan berbagi dengan wali murid. Sedangkan untuk guru ipad diberikan secara gratis.

Pemasukan di Madrasah Aljuneid didapat juga dari wakaf, zakat, dan sumbangan dari komunitas-komunitas yang mendukung madrasah. Di Madrasah Aljuneid tidak ada uang muka atau uang DPP. Guru dari Madrasah Aljuneid akan presentasi di Aple dihadiri seluruh guru di Singapura. Perlu diketahui bahwa lama waktu pendidikan di Singapura berbeda dengan di Indonesia, madrasah ditempuh selama enam tahun, SMP selama empat tahun dan SMA selama dua tahun.

Sementara itu, dalam pengembangan Aljunied Learning Framework atau Kurikulum dan pencapaian Madrasah Aljuneid adalah bahwa kurikulum ini dibuat bersama sama dengan menengahkan masukan dari bawah ke atas. Proses pembuatan kurikulum ini adalah pada masa awal tahun pembelajaran, selama tiga hari biasanya madraah menyewa hotel untuk para guru melakuakn workshop dan fokus dalam membuat kurikulum Madrasah Aljuneid. Kerangka diawali dengan berpegang kepada Al Quran dan as sunnah yang berfaham ahlussunnah wal jamaah. Bila ada faham lain yang masuk, maka mereka harus mengikuti kegiatan ahlussunnah wal jammah. Tidak perduli mereka datang dari faham lainnya. Pelajar juga diharuskan mengaji kepada guru, sedangkan gurunya harus memiliki sanad ilmu yang jelas sampai kepada Rasulullah saw. Sanad adalah hal wajib dimiliki guru dalam pendidikan di Madrasah Aljunied sebelum mereka mengajar.

Bahasa Arab, Inggris, dan Melayu harus dikuasai oleh para pelajar, Bahasa Arab diberikan selama 7 jam dalam sepekan, karena bahasa Arab sebagai bahasa perantara. Bahasa Inggris dan Melayu juga wajib dikuasai.

FGD di Madrasah Aljuneid

Proses pembelajaran yang dilakukan secara profesional. Ada pemilihan guru yang memiliki kemahiran secara  spesifik dalam bidang bidang ilmu tertentu. Karena banyak guru juga memiliki kemahiran yang beragam. Selain itu penguatan skil, attitude dan metakognisi.

Ada 18 mata pelajaran,yang dijadikan model pembelajaran berkelompok. Bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Arab sudah menggunakan e-book. Dan target tahun 2023 adalah semua bahan ajar akan dibuat secara digital.

Menyikapi kemajuan global. Madrasah Aljuneid juga memiliki kurikulum Azhar 2.0 National Curruculum Subject. Di dalam IBDP Madrasah Aljuneid, para pelajar diharuskan untuk menulis makalah dengan minimal 400 kalimat. Dan bersifat wajib. Pelajar juga diharuskan melakukan kegiatan sosial membantu masyarakat yang membutuhkan sebagai syarat mereka lulus sekolah.

Guna menghadapai perkembangan teknologi yang sangat cepat, Berdasarkan Azhar 2.0 National Curriculum Subjetc yang dikembangkan, Aljunied mengembangkan Elective Modules yang terbagi dalam beberapa poin yaitu sanad keilmuan, Islamic finance module yang tujuannya adalah menyiapkan para ulama bidang finansial, dan Broadcat Modern Journalism yang diberi sertikat langsung dari akademi yang memberi akreditasi kepada media. Ini bentuk implementasi untuk madrasah kami mendunia. Lulusan ini juga mendapatkan penghargaan dari beberapa kampus terkenal di dunia seperti dari Cambridge University. Hal ini tidak heran sebab Madrasah Aljuneid memiliki program Scholarship yang dikembangkan untuk membantu para pelajar agark mudah masuk ke universitas terkemuka di dunia.

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang memiliki potensi yang sangat besar untuk terus maju dalam peningkatan kualitas, dan terus menebar semangat sinergi, manfaati, dan mbarokahi

(mzizzybq)


 [I1]

Post Comment