LP Ma’arif dan MMPI Mengabdi, Menuju “Otak Jerman Hati Makkah”

LP Ma’arif dan MMPI Mengabdi, Menuju “Otak Jerman Hati Makkah”

Muhammad Masykur Izzy Baiquni, Jumat 30 Desember 2022

LP Ma’arif Kabupaten Malang.

LP Ma’arif Kabupaten Malang bersama Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengabdi dilaksakan pada Senin (12/12/2022) mulai pukul 09.00 sampai selesai di Madrasah Tsanawiyah “Nurul Huda” Desa Babadan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. Anggota voluntir terdiri dari lima orang mahasisawa pasca sarjana Manajemen Pendidikan Islam dibawah bimbingan dosen mata kuliah Manajemen Mutu Dr. H.Abdul Malik Aminullah, M.Pd.I.

Pengabdian yang dilakukan ini menghasilkan berbagai ide-ide pengembangan madrasah ke depannya. Diskusi dengan semua guru menghasilkan bagaiamana cara untuk memajukan dan mengembangkan program madrasah yang meliputi bagaimana meningkatkan minat masyarakat sekitar terhadap madrasah sehingga input tahun ajaran batu mendatang meningkat. Memberi pemahaman dan pengalaman baru kepada guru tentang pentingnya supervisi, dan adanya kerja sama antara lembaga dengan mahasiswa MMPI dalam hal memberi workshop tentang rencana pengembangan interpreneur madrasah yang diikuti oleh semua guru pada bulan Januari 2023. Adanya kerja sama antara lembaga dengan mahasiswa MMPI dalam hal memberi workshop tentang rencana pengembangan interpreneur madrasah yang diikuti oleh semua guru pada bulan Januari.

Diskusi dan pengabdian menggali informasi tentang madrasah yang meliputi Visi Utama yang dikedepankan oleh lembaga yaitu embentuk Lulusannya yang handal berbahasa dan menguasai kitab kuning dengan motto “Otak Jerman hati Makkah”, MTs Nurul Huda memiliki dengan siswa kelas VII sejumlah 23 orangsiswa, kelas VIII sejumlah 21 siswa, dan kelas IX sejumlah siswa17.

Memiliki pendidik sebanyak 13 guru yang semuanya sesuai dengan kualifikasi akademik, MTs. Nurul Huda telah mengembangkan Ekstrakurikuler Unggulan yaitu bahasa dan pencak silat Pagar Nusa.

Berupaya untuk melakukan kerja sama dengan berbagai instansi untuk mencapai visi dan program andalan yang disesuaikan dengan karakteristik wilayah/lingkungan madrasah diantaranya dengan LP Ma’arif Kabupaten Malang dan Institut Agama Islam Al Qolam Malang. Dari dua hasil observasi diatas maka untuk program volutir kedepannya adalah menyiapkan kegiatan workshop bersama guru MTs Nurul Huda tentang program-program yang dapat mengembangkan kompetensi interpreneur madrasah.

Penulis: Suci Hidayati, Muhammad Lutfi, Muhammad Nurudhulam, Nur Milan Siregar, Yuliana Nur Mustaghfiroh.

Post Comment