Safari Literasi Siswa Kelas XII MA Almaarif Bersama Ketua LP Ma’arif kab Malang

Safari Literasi Siswa Kelas XII MA Almaarif Bersama Ketua LP Ma’arif kab Malang

Nadhira Rifqi 4 months ago Uncategorized
Rabu, 18 Mei 2022,

Perwakilan Siswa MA Almaarif Singosari kelas XII Tahun ajaran 2021/2022 mengadakan kegiatan safari literasi. Acara ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan pembelajaran di kelas. Setiap siswa menulis sebuah cerpen dan disatukan menjadi sebuah buku antologi. Selain menulis bersama, setiap siswa dibebaskan untuk menulis sesuai bidang masing-masing. Mulai dari artikel, esai, puisi cerpen bahkan novel. Tulisan tersebut kemudian di proses menjadi sebuah buku untuk diterbitkan dan memiliki ISBN.

Tahun ini ada 5 judul buku antologi yang sudah keluar ISBN dan ratusan judul karya individu yang sedang menunggu proses penyelesaian ISBN. Siang ini lima perwakilan kurator buku mendapat kesempatan istimewa bertemu dengan Ketua LP Ma’arif Kabupaten Malang, Bapak Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Ag. Bukan hanya berkesempatan untuk berbagi buku, namun terdapat berderet kisah dan pesan berhikmah yang beliau sampaikan.

Pesan penting yang beliau sampaikan antara lain, “jaringan melalui relasi teman itu penting, lebih-lebih ketika bergabung dalam organisasi,” papar dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tersebut. “Terutama dalam mengembangkan sebuah lembaga. Begitu juga dengan data, sebuah fakta merupakan hal penting yang harus dimiliki sebelum membuat sebuah keputusan. Sehingga apa yang diputuskan tidak hanya berdasarkan omongan atau kabar bohong,” lanjutnya.

Alhamdulillah, silaturahmi kami disambut baik dan penuh apresiasi olehnya. Beliau berharap kegiatan ini terus ditingkatkan dan tetap istiqomah. Sebagai Ketua LP Ma’arif Kabupaten Malang, beliau berpesan untuk tetap bangga bersekolah di madrasah dan tetap memegang teguh amalan amaliyah Aswaja yang benar. Bukan sebatas organisasi saja bernama NU.

Disamping itu beliau berpesan sebagai generasi muda, tetap juga harus tahu dan belajar politik. Meskipun tidak terjun langsung di bidang politik. Sehingga mampu memahami birokrasi dan membaca peluang terbaik untuk masa depan diri maupun organisasi. Sebagai dosen yang berkecimpung di bidang penjaminan mutu, beliau berharap lembaga-lembaga dibawah naungan LP Ma’arif memiliki generasi Aswaja yang berkarakter dan tentu saja bangga sebagai pelajar NU.

Kegiatan Safari Literasi 2022 ini dimulai dari tanggal 17 Mei 2022 sebagai peringatan hari buku Nasional. Kegiatan ini dimulai dari penyerahan buku kepada Kepala MA Almaarif Singosari, Bapak Abdul Kadir, M.H., selanjutnya kepada Bapak Choirul Sholeh, M.Ag., selaku pengawas madrasah.

Adapun pada siang tersebut, kami berkesempatan bertemu dengan Kasubag TU Kemenag Kabupaten Malang, Bapak Dr. Sonhaji, yang juga didampingi oleh Bu Himmah Mufidah, selaku Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan di MA Almaarif Singosari sekaligus guru Bahasa Indonesia. “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dan penghargaan bagi siswa yang mau dan mampu untuk berliterasi,” tuturnya. Beliau berharap literasi itu bukan hanya hari ini namun juga nanti.

Ini adalah langkah awal, selanjutnya kalian bisa mandiri untuk berkreasi sesuai tuntutan zaman. Hanya mereka yang otaknya berisi yang mau menuangkan idenya dalam tulisan. Zaman serba instan dan berbasis video atau gambar ini diharapkan tetap diisi dengan tulisan-tulisan yang berkualitas. Dengan memilah dan memilih kabar atau berita yang benar agar tidak mudah termakan berita bohong, sebagaimana dijelaskan Bu Himmah, guru berprestasi tahun 2019 bidang literasi.

Pesan terakhir Pak Amka (sapaan akrab Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Ag) sebelum kami pamit adalah tetap semangat menulis tidak berputus asa, semua akan menemukan takdirnya nanti. Seperti pengalaman beliau yang bisa berkeliling dunia, merupakan bentuk kegigihan dan semangat untuk terus berani bermimpi. Totalitas dalam menjalankan amanah adalah kunci kesuksesan beliau.

Reportase : Nurul Aisyah Asih (Siswi MA Almaarif Singosari Malang)

Editor : Nadhira Rifqi

Post Comment