Ma’arif “Global and Trust Collaboration for Generation’s Maturity”

Ma’arif “Global and Trust Collaboration for Generation’s Maturity”

Muhammad Masykur Izzy Baiquni. Selasa, 04 Juli 2023

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang

Minggu (02/07/2023), bertempat di Gedung Serbaguna NU Krapyak, Jalan Sumedang Cepokomulyo Kepanjena Malang 65163 terlaksana agenda yang sangat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Dikawal dan dimeriahkan oleh parade Drum Band dari Banser, acara giat Bahkti Sosial Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Malang MTs. KH. Moh. Said Kepanjen terlihat sangat semarak. Berseragam sangat menarik dan dengan atraksi yang memukau, suara gemuruh drum band membuat perhatian tertuju menjadi satu.

Acara yang tersusun dengan rapi. dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci, sampai pada doa akhir telaksana dengan lancar. Gedung serba guna dibagi menjadi dua area. area pertama digunakan untuk proses khitan dan area besar lainnya untuk acara santunan yang dihadiri oleh beragam tokoh-tokoh.

Tampak dari depan hingga belakang, hadir dari unsur pemerintahan beberapa desa, unsur kepolisian, LP Ma’arif NU Kabupaten Malang, dokter dan tim dari Rumah Sakit Wava Husada Kepanjen, para seniman dan budayawan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, Pagar Nusa, wali murid, dan anak anak yang yang akan dikhitan dan diberikan santunan. Terpampang juga support dari beberapa Paguyuban Mocopat yaitu Mocopat Sekarjati dan Mocopat Kusumo Jati, dan beberapa produsen produk.

Momen ini adalah kerjasama yang sangat terlihat bagus antara MTs. KH. Moh. Said Kepanjen, RS Wava Husada, Pemerintah terkait, dan paguyuban budaya yang ada di beberapa desa. Hal ini juga terlihat dari tema besar yang diusung bertajuk “Global and Trust Collaboration for Generation’s Maturity, Bhakti Amal Khitanan dan Santunan Yatim Piatu dalam Membangun Persatuan dan Kesatuan Bangsa dan Negara” Kepanjen 02 Juli 2023.

Foto: Peserta Khitan dan santunan kerjasama MTs. KH Moh Said dengan RS Wava Husada

Kepala MTs. KH. Moh. Said Kepanjen, Sutini, SS., dalam cuplikan sambutannya menyampaikan bahwa ini adalah program pertama setelah 31 tahun. “Jumlah anak yg disantuni adalah 43 anak, dan Jumlah yg dikhitan sebanyak 27 anak. MTs. KH. Moh. Said Kepanjen sekarang sudah berusia 31 tahun. MTs. ini didirikan pada tanggal 5 Februari 1992. Dan saat ini, siswa MTs. kelas 1, 2, dan 3 total berjumlah 60 orang siswa. Pendidikan ini didukung oleh pendidik yang berjumlah 15 orang pendidik.” Masih menurutnya “Program unggulan di MTs. KH. Moh. Said Kepanjen adalah Khotmul Qur’an, al banjari, extra kurikuler pagar nusa. Di bidang keterampilan Kami bekerja sama untuk produk olahan dengang KWT Camelia Mangunrejo. Di bidang Seni Budaya, Kami bekerjasama dengan kesenian mocopat sekarjati dan kusumo jati.”

Acara ini dibuka oleh perwakilan LP Ma’arif NU Kabupaten Malang. Mewakili LP Ma’arif, Izzy menyampaikan beberapa pesan dari ketua LP Ma’arif NU Kabupaten Malang Dr. H. Amka. diantaranya “Di MTs KH Moh. Said Kepanjen harus terus dikembangkan lingkungan pendidikan, bukan hanya pengajaran, tradisi Aswaja An Nahdliyah merupakan kekayaan yang harus terus dibiasakan. Kekuatan madrasah tidak bisa lepas dari Trilogi Pendidikan, maka ini harus diperkuat. Kedekatan orang tua dengan siswa, Guru dengan siswa mesti terus dibangun, terutama soal trust kepada murid dan pendidik.”

Hadir dari Kepolisian Kepanjen menyampaikan “Kami sangat mendukung apa yang disampaikan oleh LP Ma’arif Nu Kabupaten Malang barusan. mari jaga siswa siswi agar tidak salah dalam memilih pergaulan.” ujar Pak Suyatno. “Alhamdulillah, acara berjalan dengan sukses dan lancar, semoga kedepannya bisa membawa MTs. KH. Moh. Said Kepanjen semakin eksis diberikan barokah.” Ujar Ibu Alawiyah guru MTs. KH. Moh Said Kepanjen.