Khotmil Qur’an “Olah Roso, Olah Pikir, Olah Rogo”

Khotmil Qur’an “Olah Roso, Olah Pikir, Olah Rogo”

Muhammad Masykur Izzy Baiquni. Selasa, 30 Mei 2023

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.

“Pendidikan itu hakikatnya olah roso, olah pikir, dan olah roso” Sambutan Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I., membuat para hadirin manggut-manggut tanda setuju.”Olah pikir, Olah rasa, dan Olah raga. Mencari ilmu itu hukumnya wajib. Kita wajib belajar Ilmu agama dan ilmu umum, ilmu itu digunakan untuk mengajari murid kita mengenal Allah. Oleh sebab itu jadikan kurikulum pembelajaran yang Anda lakukan terintegrasi antara Al Qur’an dan Sains, atau Integreated Learning Models (ILM). Bisa juga disebut Integreated Learning Models Ma’arif (ILMMA). Sangat bisa kita mengintegrasikan itu semua, caranya bagaimana?” Sekelumit pengantar dari Ketua LP Ma’arif NU Kabupaten Malang, Dr. H. Amka.

Masih menurut tokoh manajemen ini “Khotmil Qur’an ini sebagai sarana spiritual, kita menghidupkan tradisi kita di gedung LP Ma’arif  dengan melakukan kegiatan khotmil Qur’an, mengaji, dan berdzikir di gedung ini. Kita punya sangat banyak program. Bahkan pengembangan program-program tersebut diantaranya adalah kerjasama dengan Radar Malang. Radar Malang siap memberikan kolom khusus untuk diisi oleh LP Ma’arif dan madrasah-madrasah di bawah LP Ma’arif. Kolom khusus sepekan bisa dua kali, dengan syarat madrasah mau berlangganan . Kita tidak main-main untuk terus maju.”

Ikut menyemarakkan acara yaitu Habib Ode Al Idrus, beliau menyampaikan “LP Ma’arif Kabupaten Malang memiliki pergerakan yang massive. Apalagi, saya melihat pergerakan dari Ketua Dr. Amka, beliau melakukan lompatan 2-3 generasi sekaligus., sangat cepat.” Di akhir sambutan, beliau berkata “Kita salut kepada ketua LP Ma’arif, dibalik kesibukan beliau yang sangat padat, beliau masih keliling silaturrahim menyapa seluruh pelosok di Kabupaten Malang. Ayo kita dukung!. Izinkan saya menyimpulkan apa yang disampaikan ketua tadi dengan bahasa manajemen , mari kita bangun karakter dengan dua pola, pertama dengan Moral, moral itu bagaimana membangun imtaq anak anak. Kedua, dengan Kinerja, Kinerja bekerja keras, ulet, tekun, pantang menyerah, dan tuntas pekerjaan.”

Lebih ramai dari acara khotmil Qur’an sebelum-sebelumnya. Gedung LP Ma’arif dipadati oleh para guru dari Kecamatan Ngantang dan Kasembon, Selasa (30/5/2023). Hadir dalam giat tersebut diantaranya para guru dari MTs. Sunan Ampel, MTs. Nurul Huda, MI Miftahul Jannah, MIDA, SMK Sunan Ampel, MIFA, MI Al Mushoffa, MI Miftahul Huda, MI Islamiyah, MI NU Hidin, MI Al Hidayah, MTs. NU. Hadir juga para pengurus PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang, dan para pimpinan dari Bank BSI Kabupaten Malang yang berkantor di Kepanjen. Dan para Koordinator Kecamatan LP Ma’arif hususnya dari Kasembon dan Ngantang.

Branch Manager BSI Kepanjen, Bapak Maiyono. Menjelaskan tentang keberadaan PT Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Malang Kepanjen 1 yang beralamat di Jalan. Ahmad Yani 103 B Kepanjen-Malang. Beliau didampingi oleh tim, menyapaikan beberapa program Bank BSI yang bisa dikolaborasikan dengan program LP Ma’arif NU kabupaten Malang. Program-program tersebut mendapatkan sambutan hangat dari para guru dan akan dilaksanakan beberapa kegiatan selanjutnya.

Masih belum selesai dengan kegiatan tersebut, terlihat di lantai dasar, para utusan dari lembaga madrasah dan sekolah yang tampak bersliweran keluar masuk bergantian untuk mengambil ijazah Ma’arif.

Tampak jelas bahwa Gedung LP Ma’arif benar-benar telah menjadi rumah bagi para guru. Dan program-program yang dijalankan LP Ma’arif telah disambut baik oleh madrasah dan sekolah sekolah. Karena Ma’arif adalah rumah besar bagi madrasah dan sekolah di Kabupaten Malang khususnya.

Post Comment