Breaking News
light_mode
Beranda » Muhammad Masykur Izzy Baiquni » Dinamika Madrasahku, Madrasahmu, Madrasah Kita

Dinamika Madrasahku, Madrasahmu, Madrasah Kita

  • account_circle Muhammad Masykur Izzy Baiquni
  • calendar_month Rabu, 10 Jul 2024
  • visibility 551

Bq. Rabu 17 Juli 2024

LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang.

Viva forever
I’ll be waiting
Everlasting, like the sun
Live forever,
For the moment
Ever searching for the one
(Spice girls)

Sore itu ketika saya menikmati lantunan lagu indah dari Spice Girls. Ada diskusi kecil antara pengurus LP Ma’arif tentang perkambangan Madrasah-madrasah LP Ma’arif di berbagai pelosok Kabupaten Malang. Saya menulis pemikiran dan penyimpulan yang diberikan oleh Ketua LP Ma’arif Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd,I., tentang perjalanan beliau menyelami dinamika keberhasilan, keberagaman sampai kepada permasalahan madrasah di Kabupaten Malang.

Beliau berkata dan mengingatkan Kami kembali tentang dawuh KH. Abdurrahman Wahid yang pernah berkata bahwa, masalah itu ada dua: Pertama masalah yang bisa diselesaikan. dan Kedua adalah masalah yang tidak bisa diselesaikan. Yang bisa diselesaikan jangan dipikir, karena sudah bisa diselesaikan. Yang tidak bisa diselesaikan, juga jangan dipikir, karena tidak bisa diselesaikan.

Catatan Prof Amka selama keliling maarif se antero Kabupaten Malang, kesimpulan nya, ada tahapan perkembangan sekolah maarif: Satu. Tahap Perjuangan, ini adalah tahap penataan pondasi awal, Ciri-ciri nya adalah interaksi dan komunikasi non transaksional, siswanya antara 5-15; Dua. Tahap pertumbuhan, jumlah siswa antara 15-30, fase ini mulai adanya kekompakan pengurus dan sekolah; Tiga. Tahap kedewasaan, jumlah siswanya 40-100, mulai ada penataan manajemen sekolah yang baik; Empat. Tahap Kemapanan, jumlah siswa lebih dari 100, mulai muncul tokoh pendidikan yang di segani,, banyak pengikutnya, mulai ingat sejarah berdirinya; Lima. Tahap Dinamika, jumlah siswa mulai dinamis kadang naik, kadang turun, mulai berebut kekuasaan, mulai merasa bahwa dialah yang paling berjasa, mulai ada perlawanan; Enam. Tahap Penurunan, jumlah siswa konsisten turun meskipun tidak sampai habis, perlawanan semakin membabi buta, konflik terus semakin membesar, masyarakat mulai meninggalkan sekolah dan tidak percaya; dan, Tujuh. Tahap Kematian, mulai ada pembongkaran gedung gedung sekolah, mulai ada gerakan memisah dan mendirikan lagi yang baru

Setidaknya kita harus bergerak ke arah manajemen mutu, setelah itu kita bergerak ke enterpreneur, Quality Assurance becoming Quality Enterpreneur. Solusinya adalah maarif harus bergerak ke manajemen mutu agar bisa stabil di tingkat dewasa dan mapan

Saya kembali melanjutkan menikmati lagu yang terhenti. Madrasahku, madrasahmu, madrasah kita semuanya. Semoga berwujud dalam potongan syair yang berbunyi

Viva forever…..
I’ll be waiting ……
Everlasting, like the sun ….

Wallahu a’laam

  • Penulis: Muhammad Masykur Izzy Baiquni

Rekomendasi Untuk Anda

  • Tirulah Saddam Husein Dalam Memajukan Lembaga Pendidikan

    Tirulah Saddam Husein Dalam Memajukan Lembaga Pendidikan

    • calendar_month Jumat, 8 Mar 2024
    • account_circle Muhammad Masykur Izzy Baiquni
    • visibility 507
    • 0Komentar

    Prof. Dr. K.H.Imam Suprayogo. Maret 2024 LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang Beberapa waktu yang lalu datang ke rumah saya, beberapa orang yang mengaku sebagai pengurus yayasan perguruan tinggi. Kedatangan mereka sekedar mengajak berdiskusi untuk mencari cara strategis dalam memajukan perguruan tinggi yang sedang mereka kelola. Mendengarkan keterangan tentang perkembangan kampusnya dan tujuan mereka datang, saya […]

  • Solusi Prof. Dr. KH. Imam Suprayogo

    Solusi Prof. Dr. KH. Imam Suprayogo

    • calendar_month Rabu, 29 Mar 2023
    • account_circle humaslp2
    • visibility 442
    • 0Komentar

    Muhammad Masykur Izzy Baiquni, Rabu, 29 Maret 2023 LP Ma’arif NU Kabupaten Malang Mencoba untuk memberikan pelayanan dengan berbagai aspek media dan memanfaatkan berbagai media untuk memberikan berbagai  hal positif. LP Ma’arif NU Kabupaten Malang mengisi dengan program talkshow pendidikan yang diisi oleh Prof. Dr. KH. Imam Suprayogo. Sabtu (25/03/2023) live dari kediaman Prof. Dr. […]

  • Implementasikan Deep Learning dan Kurikulum Cinta, Komitmen Ma’arif PCNU Kabupaten Malang  Melawan Intoleransi dan Bullying

    Implementasikan Deep Learning dan Kurikulum Cinta, Komitmen Ma’arif PCNU Kabupaten Malang  Melawan Intoleransi dan Bullying

    • calendar_month Jumat, 16 Mei 2025
    • account_circle humaslp2
    • visibility 2.015
    • 0Komentar

    Bq. Jum’at 16 Mei 2025 LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang Kamis (15/05/2025) Gedung pertemuan MI Hidayatulloh Pringu Bululawang Kabupaten Malang penuh sesak dengan dominasi warna merah dan hitam. Para guru Madrasah Ibtidaiyah memadati ruang tersebut dengan menggunakan seragam batik salah satu ciri khas mereka. Mereka hadir untuk mengikuti Workshop Deep Learning dan Kurikulum Cinta. Guru-guru […]

  • LP Ma’arif Bersama UIN Maliki Gelar Pelatihan Google Site

    LP Ma’arif Bersama UIN Maliki Gelar Pelatihan Google Site

    • calendar_month Senin, 22 Mei 2023
    • account_circle humaslp2
    • visibility 358
    • 0Komentar

    Maulidia, S.Pd. Senin, 22 Mei 2023 LP Ma’arif NU Kabupaten Malang. Sabtu (20/5/2023), LP Ma’arif NU Kabupaten Malang, dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di Indonesia khususnya di Jawa Timur, PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang berkolaborasi mengadakan kegiatan program pengembangan untuk Guru-Guru Madrasah dengan tema seminar […]

  • Pengukuhan Guru Besar Ketua LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang

    Pengukuhan Guru Besar Ketua LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang

    • calendar_month Rabu, 24 Apr 2024
    • account_circle Muhammad Masykur Izzy Baiquni
    • visibility 737
    • 0Komentar

    Muhammad Masykur Izzy baiquni. Selasa 23 April 2024. LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang “Kemandirian bagi madrasah di bawah LP Ma’arif NU merupakan fitrah, karena memang muncul dari inisiasi masyarakat. Untuk merealisasikan kemandirian, sangat tidak mungkin madrasah ma’arif berdiri sendiri, harus sinergi dengan madrasah ma’arif lainnya. Karenanya harus dikelola secara terpadu dan tersentral secara data oleh […]

  • SMP An Nashr dan PAC IPNU-IPPNU Wajak Gelar MPLS dan MAKESTA, Tanamkan Semangat Pelajar NU Sejak Dini

    SMP An Nashr dan PAC IPNU-IPPNU Wajak Gelar MPLS dan MAKESTA, Tanamkan Semangat Pelajar NU Sejak Dini

    • calendar_month Selasa, 15 Jul 2025
    • account_circle humaslp2
    • visibility 336
    • 0Komentar

    Ahad, 13 Juli 2025 LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang Wajak, 13 Juli 2025 — Dalam upaya memperkenalkan lingkungan sekolah sekaligus membentuk karakter pelajar berjiwa organisasi dan religius, SMP An Nashr Wajak menyelenggarakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dikolaborasikan dengan kegiatan kaderisasi dasar MAKESTA (Masa Kesetiaan Anggota). Kegiatan ini bekerja sama dengan PAC IPNU […]

expand_less