Latihan Kepemimpinan dan Gladi Tangguh Pramuka Penegak dan Pandega

Latihan Kepemimpinan dan Gladi Tangguh Pramuka Penegak dan Pandega

Muhammad Masykur Izzy Baiquni, Senin 13 Februari 2023

LP Ma’arif Kabupaten Malang.

Satuan Komunitas Pramuka Maarif NU  Menggelar Latihan Kepemimpinan dan Gladi Tangguh bagi Pramuka Penegak dan Pandega di Lingkungan Pendidikan Maarif NU se-Kabupaten Malang yang kemudian di beri nama DEWAN SAKO PRAMUKA MAARIF NU Kabupaten Malang. Acara ini di buka oleh Wakil Ketua Bagian Pengabidan Masyarakat dan Humas Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Malang Kak Amarta Faza, ST, M.Si. di Aula Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah Desa Sanan Turen Kabupaten Malang, Sabtu (11/02/2023).

Pelatihan hari kedua di Boonpring

Turut hadir pula dalam opening ceremony MWC LP Maarif NU Turen Ust Habibullah, S.Pd, Pengurus Kwaran Turen, Pengurus PC LP Maarif NU Kabupaten Malang Gus Izy dan Pimpinan Sako Pramuka Maarif NU Jawa Timur Kak Nur Kholish, M.PdI.

“Kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Gladi Tangguh ini merupakan proses pendidikan dan pengkaderan generasi muda, merupakan pendidikan karakter bagi pramuka penegak pandega, semoga adik-adik selama kegiatan diberi kesehatan dan kekuatan sehingga bisa melalui proses ini dengan baik yang selanjutnya akan memunculkan kader-kader pramuka yang siap menghadapi zamannya serta bisa mengisi pembangunan bangsa ini dengan hal-hal postif”, kata Kak Faza.

Sementara itu Sekretaris Pimpinan Sako Pramuka Maarif NU Jawa Timur Kak Nur Kholis, M.PdI menyampaikan “Kita itu Pramuka yang NU, pramuka yang selalu mencintai Negaranya, NKRI harga mati, Pancasila sebagai Dasar Negara adalah final sehingga ketika ada sebuah faham atau organisasi yang merongrong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, kita harus bersatu mengepalkan tangan siap untuk menghadang, NU yang didirikan Mbah Hasyim Asy’ari dan Wahab Hasbullah adalah sebagai organisasi kemasyarakatan yang selalu menjaga sunah-sunah Nabi Muhammad SAW dan NU hadir di Indonesia sebagai benteng dari radikalisme dan terorisme yang ingin menghancurkan Indonesia”, Ujar Kak Kholis.

Peserta Pelatihan

Beliau berharap, “Pramuka Maarif NU yang tergabung dalam Dewan Sako ini harus siap menjadi generasi Pramuka yang Aswaja, generasi yang selalu mencintai rasulullah dan mencintai Negaranya yakni Indonesia, makanya yang sedikit membedakan kegiatan Pramuka Maarif NU dengan Pramuka lain adalah, di setiap kegiatan Pramuka Maarif NU harus ada Pembacaan Ayat Suci AL-Qur’an, Sholawatan, Tahlil dan istighotsah yang itu semua merupakan amalan orang NU”, imbuh kak Kholis.

Ribut Iswanto, M.Pd selaku Ketua Pimpinan Sako Pramuka Maarif NU cabang Kabupaten Malang mengungkapkan,”yang terlibat dalam pelaksanaan Kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Gladi Tangguh ini diantaranya; Panitia sekitar 20-an dari unsur Sako Pramuka cabang dan Kortan Sako Kecamatan Turen serta di bantu SAR-Rescue Malang Selatan. Sedangkan peserta  sebanyak 115 dari berbagai lembaga SMA/MA/SMK di Kabupaten Malang, kegiatan dilaksanakan selama dua hari Sabtu-minggu tanggal 11-12 Febuari 2023. Hari pertama sabtu berisi materi ruangan; Leadhership ala Aswaja, Managemen Organisasi, Keagamaan sholat-Istighosah-Tahlil, Navigasi Darat Digital (Navitel) kemudian malam hari diadakan Ziarah Ulama dan pengembaraan sejauh sekita2 3,5 Km menuju Wisata boonpring sekaligus praktek Navitel, sedangkan materi lapangan hari kedua yaitu Olahraga, Apel, renang-selam dasar dan Survival – Bivac – masak rimba”, kata Kak Ribut.

Ia menambahkan, “untuk mengapresiasi dari usaha dan semangat peserta Latihan Kepemimpinan dan Gladi Tangguh serta memperkuat keorganisasian maka dibentuklah Dewan Sako Pramuka Maarif NU Kabupaten Malang dan atas dasar pemilihan secara aklamasi terpilih Rifqi Alfarizi dari Pondok Pesantren Nurul Huda Pajaran Poncokusumo sebagai Ketua Dewan Sako dan Felisa Trista Nur Aini sebagai Wakil, Kegiatan ini diakhiri dengan pelantikan Dewan Sako dan penyematan Wing Pengembaraan Latihan Kepemimpinan dan Gladi tangguh serta pemberian sertifikat kepada seluruh peserta.” Imbuh Kak Ribut.

Begitu pula Pelatih senior sekaligus mewakili Tuan rumah, kak Bing Tukirin menyampaikan sebuah harapan, “saya sangat berterima kasih telah diberi kepercayaan sebagai Tuan rumah mengadakan kegiatan ini dan kami berharap Dewan Sako yang terbentuk ini ada sebuah follow up, ada sebuah pertemuan lanjutan sebagai latihan dan pendalaman materi-materi yang telah diterima sekaligus sebagai konsolidasi organisasi memperkuat Sako Pramuka Maarif NU Kabupaten Malang ke depannya”, kata kak Bing.

Penulis: Ribut Siswanto

Post Comment