Halaqah Pesantren dan Perguruan Tinggi se-Jawa Timur

Halaqah Pesantren dan Perguruan Tinggi se-Jawa Timur

IzzyBq. Sabtu, 29 Juni 2024

LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang

Pemandangan yang sangat tidak biasa ketika saya berusaha memasuki area pesantren. terlihat penjagaan sangat ketat menglilingi area pesantren, dengan peralatan lengkap dan kesiapsiagaan tinggi. Maklumlah, hari ini acara diawali dengan kehadiran Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, ulama yang sangat disegani, dihormati dengan berbagai kelebihan dan keilmuan beliau.

Terlalu banyak tokoh yang saya liat dan saya temui. Ada yang saya kenal atau mengenali saya diantaranya. Dan tentunya saya tidak mereka kenal karaena memang kapasitas saya yang bukan siapa siapa. Meminjam potongan ucapan sang penyair bahwa saya hanya “debu di kaki sang kekasih”. namun, tentunya pertemuan saya dengan mereka adalah kebahagiaan bagi saya. Diantara tokoh yang saya temui adalah Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd,I., Gus Muhammad Ghofirin, M.Pd., sekjen OPOP Jatim, dan Prof. Dr. Asnawi Guru Besar UIN Malang. Dan masih banyak lagi tentunya.

Judul hari ini luar biasa, apalagi bagi saya yang hanya orang desa. yes, saya belajar saat ini! muncul pemikiran itu. Dengan kekaguman saya membaca judul yang tertera “Halaqah Pesantren dan Perguruan Tinggi Se-jawa Timur: Penataan Ekonomi Pesantren dalam Pemberdayaan Ekonomi Ummat Menuju Kemandirian Pesantren” yang dipandu master of ceremony yang sudah sangat kondang Dr. Risa Elvia bersama partnernya.

Saya menyimak dan menikmati acara hari ini. Berbagi ilmu pengetahuan dan rencana kemajuan disampaikan dengan perencanaan berbasis data yang sudah dimiliki. Orientasi kewirausaahaan dan pengembangan ekonomi positif di dunia pesantren menjadi sasaran untuk dicapai.

Rekomendasi yang dihasilkan atau disampaikan saat itu adalah: Satu. Pemerintah melalui Kementerian Agama memasukkan materi kewirausahaan sebagai materi wajib di pondok pesantren. Dua. Pemerintah menyelenggarakan Program Santri Wirausaha (PSW) di pondok pesantren secara masif dan berkelanjutan. Tiga. Pemerintah mendorong program One Pesantren One Product di setiap provinsi di Indonesia

Saya teringat sebuah buku berjudul The Seven Habits of Highly Effective People yang ditulis oleh motivator hebat Steven R. Covey kelahiran Amerika tahun 1932. Steven R. Covey menuliskan tujuh kebiasaan atau sifat yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis atau pengusaha yaitu mulailah dengan akhir pikiran Anda; jadilah proaktif; Utamakan yang paling penting; Berpikirlah untuk menang bersama (win-win); Usahakanlah memahami pihak lain sebelum berusaha memberinya pemahaman; Wujudkan sinergi; dan asahlah diri.

Dari semua ilmu yang disampaiakn. Izinkanlah saya menyimpulkan poin penting yang sangat penting bagi saya sendiri tentunya dari pelajaran berharga hari ini yaitu “bertumbuh mengembangkan potensi”. Maxwell menuliskan dalam bukunya bahwa ada empat prinsip betumbuh yaitu berkonsentrasilah pada satu sasaran utama; berkonsentrasilah pada peningkatan yang berkesinambungan; lupakan masa lal; dan Berfokuslah pada masa depan.

Wallahu a’lam

Post Comment