Wisuda Purna MTs. Nurul Huda Ngajum 2022/2023 “Bangga Menjadi Bangsa Indonesia”

Wisuda Purna MTs. Nurul Huda Ngajum 2022/2023 “Bangga Menjadi Bangsa Indonesia”

Dr. Amka & M Rosyid, M.Pd., Selasa 27 Juni 2023

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.

Pada hari Selasa, 20 Juni 2023 telah diadakan acara Wisuda dan Kenaikan kelas siswa-siswi RA, MI, MTs., dan MA Nurul Huda yang tergabung dalam Yayasan ‘Izzul Islam Nurul Huda. Bertempat di Desa Babadan RT.03/RW.05 Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang, acara tersebut berlangsung dengan sangat meriah. Diawali dengan kirab yang diiringi oleh drum band dari siswa-siswi, diikuti oleh wisudawan-wisudawati, serta bapak dan ibu guru RA, MI, MTs, dan MA pada pukul 07.00 WIB, kemudian dibuka dengan acara pelepasan balon oleh Ketua LP Ma’arif Kabupaten Malang, Dr. H. Abdullah Malik Karim Amrullah, M.Pd.


Di sela-sela acara terdapat penampilan dari beberapa perwakilan siswa yang di antaranya seni pagar nusa, tari topeng, hingga menyanyi. Pada acara tersebut juga menampilkan program unggulan dari masing-masing lembaganya, seperi hafalan do’a qunut untuk siswa RA, tahlil untuk MI, nadhoman ‘imrithi dan pembacaan kitab kuning untuk MTs., serta sambutan bahasa Inggris dan nadhoman alfiyah untuk MA. Prosesi wisuda berlangsung khidmat dilanjutkan dengan persembahan dari wisudawan wisudawati membacakan puisi yang diiringi paduan suara yang mengharukan. Di penghujung acara terdapat pengumuman siswa-siswi berprestasi dan lulusan terbaik dari RA, MI, MTs., hingga MA. Ditutup dengan pembacaan do’a oleh pembina yayasan dan dilanjutkan dengan pengambilan raport kenaikan siswa oleh wali murid hingga pukul 12.00 WIB. Malam hari setelah wisuda, terdapat acara pentas seni kreasi dan prestasi siswa yang berisikan penampilan-penampilan dari siswa-siswi RA, MI, MTs., hingga MA.


Acara ini adalah salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh Yayasan ‘Izzul Islam Nurul Huda Ngajum pada setiap tahunnya. Suksesnya acara tersebut tidak lepas dari kerjasama dan kemompakan setiap pengurus yayasan, bapak ibu guru, dan wali murid beserta siswa-siswi RA, MI, MTs, dan MA Nurul Huda. Diharapkan acara tahunan tersebut dapat terus terselenggara dengan baik sebagai wujud rasa kekeluargaan Yayasan ‘Izzul Islam Nurul Huda Ngajum serta sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan. Dalam suasana yang penuh kekhidmatan, Wisuda Purna Siswa MTs Nurul Huda Ngajum Tahun Pelajaran 2022-2023 digelar hari Selasa, 20 Juni 2023. Acara yang mengangkat tema Nusantara “Bangga Menjadi Bangsa Indonesia” ini berlangsung dengan khidmat, lancar dan sukses.

            Acara ini dihadiri oleh seluruh peserta didik kelas IX, tenaga pendidik dan kependidikan, pejabat dan Komite Madrasah, wali/orang tua peserta didik, serta tamu undangan. Dan teristimewa kegiatan ini dihadiri langsung oleh Pimpinan LP Ma”arif NU Kabupaten Malang Dr. H. Abdul Malik  Karim Amrullah, M.Pd.I., dan pejabat penting lainnya. Kegiatan ini dimulai pukul 07.00 WIB berlangsung cukup khidmat. Diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars Subbanul Wathan, pembacaan ayat Suci Al Qur’an, laporan ketua panitia, dan sambutan acara oleh Kepala Madrasah, dan Pimpinan LP. Maarif NU Kabupaten Malang Dr. H. Abdul Malik  Karim Amrullah, M.Pd.

            Di awal sambutannya, Dr. H. Abdul Malik  Karim Amrullah, M.Pd atau lebih dikenal dengan panggilan Pak Amka menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia wisuda serta mengucapkan terima kasih dan meyakinkan kepada wisudawan/ wisudawati serta wali murid bahwa mereka tidak salah pilih menitipkan putra-putrinya di MTs. Nurul Huda Ngajum. Walaupun di pelosok desa, madrasah ini mengedepankan moral dan tentunya memiliki segudang prestasi baik akademik maupun non akademik. Selain itu, Dr. H. Amka juga memberikan apresiasi kepada pihak madrasah, utamanya para Bapak/Ibu guru yang selama ini nggulo wentah anak-anak sehingga dinyatakan lulus tahun ini. Doa beliau semoga ilmunya manfaat.

Dr. Amka menyampaikan bahwa Yayasan Pendidikan Izul Islam Nurul Huda Ngajum yang berada dalam naungan LP Ma’arif NU Kabupaten Malang terus melakukan inovasi memajukan lembaganya dengan mengintegrasikan program LP Ma’arif NU Kabupaten Malang seperti program “Ma’arif Day”, Program Artificial intelligence bagi guru-guru yang mengajar serta program internasionalisasi ke Malaysia dan Singapura dengan melakukan kerjasama dengan beberapa sekolah di Singapura dan lembaga pelatihan seperti Aminudin Baki Malaysia. “Potensi yayasan ini sangat besar meskipun di daerah pelosok desa Babadan Ngajum. kita lihat saja di luar negeri kebanyakan sekolah bahkan Perguruan Tinggi besar banyak juga di daerah yang jauh dari perkotaan. Yayasan ini harus memiliki perencanaan jangka panjang yang baik, misalnya kedepan harus punya ma’had, lapangan indoor, ruang pertemuan level nasional dan bahkan internasional, agar menjadi pusat kegiatan sekolah dan madrasah se kabupaten, propinsi bahkan level nasional dan internasional sekalipun.” Ujar Dr Amka.

Acara wisuda ini juga dimeriahkan dengan penampilan tarian tradisional yaitu tari topeng, seni pencak silat, serta persembahan lagu-lagu. Hal ini menjadi salah satu cara untuk menghargai dan memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada para lulusan dan tamu undangan. Dilanjutkan prosesi wisuda, para wisudawan bergantian maju satu persatu sembari dibacakan pula seluruh prestasi-prestasi mereka baik akademik maupun non akademik, selama mereka mengenyam pendidikan di MTs Nurul Huda Ngajum. Penganugerahan kepada para peserta didik berprestasi menjadi agenda berikutnya. Diumumkan para peraih nilai mata pelajaran tertinggi serta wisudawan terbaik. Disambung dengan sambutan perwakilan wali peserta didik, Beliau menyampaikan permohonan maaf dan ucapan terima kasih tak terhingga mewakili pribadi, keluarga, dan seluruh wali murid atas bimbingan yang diberikan Bapak Ibu guru MTs. Nurul Huda Ngajum. Beliau juga mendoakan anak-anak menjadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. Dan lebih pentingnya berbakti kepada kedua orangtua mereka masing-masing. Doa dibacakan oleh Pembina Yayasan Kiyai Nursalim, menjadi penutup rangkaian acara wisuda tahun pelajaran 2022-2023.

Post Comment