Ma’arif Goyang Jagad Maya Malang dengan Religious Literacy

humaslp2 weeks ago Berita, Learning, Pendidikan
Muhammad Masykur Izzy Baiquni, Sabtu 03 September 2022

Kerjasama yang apik dan inovatif telah terlaksana antara Kementerian Infokom, PB Ma’arif, Pemerintah Daerah Kabupaten Malang, Kementerian Agama Kabupaten Malang, PC Ma’arif Kabupaten Malang dan SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo, Ahad (28/8/2022) di aula SMK NU Sunan Ampel.

Seminar Hybrid Literasi Digital Cakap Digital ini membawa misi “Penguatan Literasi Digital dalam Meningkatkan Mutu dan Daya Saing Sumberdaya Manusia”. Dilaksanakan secara hybrid karena peserta terbagi dalam dua gerbong besar yaitu secara luring di aula SMK dengan kapasitas 250 orangdan daring menggunakan aplikasi zoom yang memiliki kapasitas lebih dari 1000 orang peserta.

Sambutan dimulai dari Drs. H. Abdul Mudjib S.,M.Si sang welcoming speech pertama sekaligus sebagai tuan rumah SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo, dilanjutkan oleh Drs. H. Ode Sani Al Idrus,M.Ag. dari Kementerian Agama Kabupaten Malang, Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah,M.Pd.I. sebagai ketua PC LP Ma’arif Kabupaten Malang, dan Keynote Speaker Dr. Ir. Bonifasius Wahyu Pudjianto,M.Eg. sebagai keynote speaker.

Pembagian hadiah dari Bupati Malang Drs. H. Sanusi,MM., kepada pemenang lomba menulis profil sekolah, banyak menyita perhatian hadirin dan membuat suasana semakin meriah. Tepuk tangan riuh memenuhi gedung aula yang sesak dengan peserta. Acara itu semakin meriah ketiak pembawa acara Miss Risa Elvia mengugah semangat peserta dengan yel-yel moto Ma’arif Kabupaten Malang Bersinergi, Manfaati, Mbarokahi.

Nara sumber pertama Bambang Tri Santoso Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan ditemani moderator Risa Elvia menggugah peserta untuk mulai melek digital. Beliau mengajak peserta untuk membangun wirausaha digital untuk bisa mandiri kedepannya.

Masih dengan menghadirkan nara sumber hebat dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, selanjutnya peserta terus dimanjakan dengan hadirnya Prof. Dr. Hj. Suti’ah,M.Pd. Guru Besar Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai nara sumber kedua dan Slamet, SE.,MM., Ph.D. Dosen Manajemen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang nara sumber ketiga didampingi oleh moderator dari Ma’arif Dr. Najmah dan Izzy.

Kesemarakan seminar di SMK NU Sunan Ampel juga tidak lepas dari peran Lembaga Perekonomian PCNU Kabupaten malang yang menggelar bazar sembako murah di halaman sekolah. Sebuah tenda besar menjadi sasaran peserta memborong produk yang disediakan oleh tim LP NU.

Acara ini sangat komunikatif karena banyak mendapatkan perhatian dan pertanyaan dari peserta yang hadir, baik dari peserta di aula ataupun yang di zoom. Setiap pertanyaan yang diajukan selalu dijawab dan diberikan penjelasan yang detail oleh nara sumber. Tidak tanggung tanggung, sekian banyak door prize yang didapat oleh peserta yang aktif dan kreatif dalam mengikuti acara. Peserta dari semua penjuru kabupaten Malang bersama kortan dan MWC Poncokusumu mengikuti sampai akhir kegiatan.

Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani,M.T. Ketua LP Ma’arif NU PBNU sekaligus sebagai Direktur Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dalam acara penutupan berujar “Pendidikan, pendidik, dan peserta didik harus membahagiakan di dunia dan akherat, maka salah satu penciri khas utama di dalam pendidikan LP Ma’arif adalah dengan menggetuk-tularkan, mentransformasikan nilai-nilai keagamaan atau yang kita sebut-sebut sebagai religious literacy”

(mzizzybq)

Post Comment