Rapat Kerja Mengembangkan Visi dan Misi SMPI Alma’arif 01 Singosari

Rapat Kerja Mengembangkan Visi dan Misi SMPI Alma’arif 01 Singosari

Dr. H. Amka. Selasa, 11 Juli 2023

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.

Dr Amka, Raker yang dilaksanakan oleh SMPI ALMAARIF 01 SINGOSARI ini sangat bagus untuk merencanakan kegiatan tahun berjalan maupun tahun depan. Raker bisa diawali dengan Rapim (rapat pimpinan), dimana Ketua yayasan mengajak semua kepala sekolah dan wakil kepala sekolah untuk bersama sama merumuskan kebijakan sekolah dan Madrasah sesuai dengan kontek organisasi.

“Kontek organisasi itu merupakan kontek terkini organisasi yang harus selalu ditangkap sebagai isu penting agar organisasi bisa berjalan sesuai harapan, isu kekinian harus dirumuskan bersama sama unsur pimpinan dengan menyesuaikan kondisi masing-masing lembaga, kemudian dilakukan analisis resiko (Risk Analysis) agar organisasi bisa suistanable.”Jelas Doktor yang pernah menjadi ketua LPM UIN Malang ini.

Dr Amka juga menjelaskan bagaimana visi dan misi sekolah atau Madrasah bisa diukur dengan baik, caranya visi dan misi tersebut harus dibreakdown ke dalam indikator, dan indikator tersebut harus diintegrasikan ke dalam capaian pembelajaran pada Masing-masing mata pelajaran dan program sekolah, sehingga semua program dan mata pelajaran yang dikembangkan oleh sekolah merupakan cerminan dari visi dan misi sekolah atau Madrasah, ungkapnya.

Dr Amka juga mengingatkan pentingnya mengembangkan indikator ASWAJA sebagai core values lembaga di bawah Ma’arif yang memang harus dilestarikan dan di usung secara elegan, selama ini aswaja hanya sebagai mata pelajaran “second”, guru yang mengajar juga asal asalan sehingga tidak memiliki kebanggan di lembaga ma’arif, mestinya Aswaja harus betul-betul dijadikan icon pembeda dari sekolah dan Madrasah di bawah LP MA’ARIF dan yang tidak, kita juga harus sadar bahwa jika pelajaran Aswaja tidak menjadi kebanggan, maka generasi masa depan sudah tidak mengenal Aswaja, artinya sudah melupakan cinta tanah air, sudah melupakan tradisi tradisi yang dikembangkan oleh Muasis NU yang mulai awal mereka amalkan. Ujarnya.

Sementara itu kepala SMPI ALMAARIF 01 SINGOSARI Evi Mauludiyah, SPd MPd, mengungkapkan bahwa Raker ini kita sengaja mengundang Ketua LP MA’ARIF Kab Malang untuk memberikan pencerahan tentang manajemen kelembagaan dan bagaimana mengembangkan sekolah yang berciri khusus MA’ARIF, ujarnya
Evi Juga menyampaikan kami sudah mengembangkan indikator dari visi dan misi sekolah kami sebagaimana penjelasan Dr Amka tadi, dan kami juga akan berusaha untuk menjaga kepuasan semua pelanggan kami agar sekolah kami bisa diterima dengan baik di masyarakat. Alhamdulillah dia tahun ini jumlah peminat di SMPI ALMAARIF 01 SINGOSARI semakin bertambah, semoga kedepan semakin bertambah dan memang kebanyakan input sekolah kami kebanyakan dari sekolah umum, karenanya kami tetap berusaha bagaimana kompetensi ke Aswajaan kami bisa di Terima dengan baik oleh siswa kami, ungkapnya

Post Comment