Seminar dan Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Online Quizizz.com di STAINU Kabupaten Malang

Seminar dan Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Online Quizizz.com di STAINU Kabupaten Malang

Ahmad Qomaruzzaman, Ahmad Fauzan Syakir, Abdurrohman Nur Ahsani. Selasa 04 Juli 2023.

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.

Kabupaten Malang, 26 Juni 2023 – Di era globalisasi ini, dunia pendidikan memiliki banyak tantangan untuk dapat menerapkan pendidikan yang bermutu. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih, banyak sekali tokoh-tokoh yang berkecimpung dalam dunia pendidikan untuk menjadikan pembelajaran yang dinilai lebih efektif dan efisien.

Dengan tantangan di atas, PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang untuk membuat kegiatan seminar dan pelatihan. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengembangkan tenaga pendidik dari PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang dalam mengefektifkan serta mengefisiankan evaluasi pembelajaran. Pada akhirnya, seminar dan pelatihan ini akhirnya bertema “Seminar dan Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Online Melalui Media Quizizz.com”.

Kegiatan yang diadakan di STAINU Kabupaten Malang ini diketuai oleh Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd selaku salah satu dosen di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan juga menjabat sebagai Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang. Pemateri dalam kegiatan ini adalah tiga mahasiswa Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Dalam kegiatan ini, terdapat sekitar 150 peserta dari guru yang di bawah naungan PC LP Ma’arif NU di seluruh wilayah Kabupaten Malang.

Dalam kagiatan tersebut, Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd selaku ketua PC LP Ma’arif Nu Kabupaten Malang menjelaskan kepada semua peserta bahwasanya kegiatan belajar mengajar di PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang sudah berjalan dengan baik, akan tetapi dalam administrasi masih sangat kurang. Mengingat pada saat ini merupakan gencarnya kurikulum merdeka, dengan administrasi yang sebegitu rinci dan detail, maka seorang guru harus mempunyai bukti administrasi dalam kegiatan belajar mengajar.

Kemudian didukung dengan salah satu komponen dari kurikulum merdeka, yang mana dalam model pembelajaran mengedepankan model pembelajaran problem best learning, project best learning, critical thingking, dan digitality best learning, maka dengan itu diadakan kegiatan seminar dan pelatihan evaluasi pembelajaran berbasis online melalui quizizz.com ini.

Alasan menggunakan quizizz.com ini salah satunya yaitu mempermudah guru dalam memberikan analisis soal, dimana jika peserta didik sudah selesai dalam mengerjakan soal yang ada di quizizz.com, maka guru langsung dapat mengetahui soal- soal yang terbilang susah dan mudah. Tak hanya itu, quiziz.com ini juga mempermudah duru dalam membuat rapot atau laporan evaluasi pembelajaran yang nantinya akan menjadi bahan laporan guru kepada lembaga pendidikan. Dimana setiap peserta didik yang sudah menyelesaikan mengerjakan evaluasi pembelajaran akan keluar nilainya dan dapat diunduh satu persatu dari hasil evaluasi tersebut.

Keuntungan berikutnya dalam menggunakan quizizz.com ini adalah dapat mengefisiensi waktu dan tenaga pendidik. Dimana seorang pendidik tidak usah susah- susah lagi untuk mengkoreksi soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik, pendidik cukup membuat soal, kemudian membuat jawaban dalam setiap soal dan tinggal menunggu dari sistem untuk menilai skor dari soal yang dikerjakan peserta didik. Keuntungan yang terakhir yaitu sesuai dengan salah satu komponen kurikulum merdeka, yaitu paperless. Dimana quizizz.com ini sangat mendukung komponen tersebut dikarenan jika dalam evaluasi pembelajaran menggunakan quizizz.com, maka dalam suatu lembaga pendidikan bisa menghemat beribu-ribu lembar kertas yang awalnya akan digunakan sebagai lembar evaluasi pembelajaran.

Dalam pelatihan dan seminar ini, banyak peserta yang berantusias untuk menerapkan quizizz.com sebagai media dalam evaluasi pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari antusias para peserta dalam mendownload aplikasi quizizz.com, mengikuti petunjuk dari setiap langka yang dicontokan oleh pemateri, sehingga harapan besar bagi Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd selaku ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang dengan adanya seminar dan pelatihan ini semua tenaga pendidik dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Dengan begitu, komponen yang ada dalam kurikulum merdeka dapat dipenuhi dan menjadikan lembaga pendidikan yang sudah memenuhi standar kualitas yang ada pada umumnya.