PERSEFAHAMAN BERSAMA LP MA’ARIF NU KAB MALANG INDONESIA dengan IAB (INSTITUTE AMINUDIN BAKI) MALAYSIA

PERSEFAHAMAN BERSAMA LP MA’ARIF NU KAB MALANG INDONESIA dengan IAB (INSTITUTE AMINUDIN BAKI) MALAYSIA

Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah,M.Pd.I. Rabu 8 Maret 2023

MoU LP Ma’arif NU Kabupaten Malang dengan Institut Aminuddin Baki Malaysia

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang

Perjalanan LP Ma’arif NU Kabupaten Malang untuk membangun kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan terbaik yang ada di Singapura dan Malaysia telah membuahkan hasil positif. Kerja keras pengurus untuk mewujudkan komitmennya membangun pendidikan yang semakin berkualitas di Kabupaten Malang telah disupport dengan baik oleh berbagai elemen dalam negeri dan luar negeri. Kerjasama yang diikat dengan penandatanganan MoU terlaksana dengan lancar dan penuh motivasi. Salah satu lembaga yang dituju adalah Institute Aminuddin Baki Malaysia

Disambut oleh para pimpinan perguruan tinggi, LP Ma’arif NU Kabupaten Malang salah satunya diterima oleh Tuan Haji NIK Abdullah, Institute Aminudin Baki (Institute Aminuddin Baki/IAB) National Institute of Educational Leadership and Management Genting Highlands Branch merupakan lembaga pendidikan yang melatih dan menyiapkan kepala sekolah di Malaysia.
Dr Iliyana, Jabatan Kerjasama luar dan Antar Bangsa “Saya akan ceritakan sedikit apa itu IAB, IAB Genting Vision IAB ad a Center of Distinction for Educational Leadership. IAB division within Ministry of Education was established on 7 March 1979, function of IAB to Expand the body of knowledge in ELM. kita melatih pemimpin tertinggi dan pertengahan di sebuah institusi atau sekolah, sedangkan peran penting IAB adalah melaksanakan quality training programs, consultation services, publications and researches, serta memberikan kontribusi tentang pandangan terkini tentang pendidikan serta tantangan masa depan (Contributes views and opinions about Educational issues and future challenge).”

LP Ma’arif di IAB Malaysia
Sertifikat MoU LP ma’arif dengan IAB Malaysia


Training programme NPQEL National Profesional Qualification for Educational Institution.
Program selanjutnya adalah tentang Strategies andragogy principles of learning, participatives, interactives and performance based, mini lectures, demonstrations, handouts, feedback and consultations, active discussions, hands on try outs, critique session, tutorials, assignment and site visits, participants expected to compile action plan of their best practices. Institut Aminuddin Baki (IAB) Certification Certfied Trainer, Certified Coach, Certified Master Trainer Trainer

LP Ma’arif kerjasama dengan Kampus Malaysia


Dalam pertemuan tersebut kemudian disepakati MoU antara LP Ma’arif NU Kabupaten Malang dengan Institut Aminuddin Baki (IAB) yang isinya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Pejabat Sekolah, misalnya dengan pelatihan bersama dan program exchange teacher (pertukaran cik gu) antarabangsa Institut Aminuddin Baki (IAB) Malaysia dan LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.
Dr. Amka berkata “Saya sangat mengapresiasi “Persepahaman” ini, karena bagaimanapun juga kedua lembaga ini bisa saling berkontribusi untuk meningkatkan performance sekolah dan madrasah NU di Kabupaten Malang.”


Sesuai dengan komitmen awal untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan, kualitas keilmuan untuk mencapai fitrah manusia. LP Ma’arif Kabupaten malang juga membawa madrasah dan sekolah yang terus didampingi untuk bisa menjadi lembaga pendidikan bertaraf internasional. Langkah itu sudah dilaksanakan dengan mengadakan MoU juga .MoU juga diberikan kepada MTs. Nurul Huda Ngajum Kabupaten Malang dan SMP Islam Pujon Kabupaten Malang yang diwakili oleh kepala sekolahnya Muhammad Rosyid, MPd., dan Drs. H. Syamsul Hadi, MPd.

Post Comment