Observasi dan Volunteer LP Ma’arif bersama Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Malang

Observasi dan Volunteer LP Ma’arif bersama Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Malang

Muhammad Masykur Izzy Baiquni, Jumat 30 Desember 2022

LP Ma’arif Kabupaten Malang.

Madrasah Ibtidaiyah Desa Sumber Keradenan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang kedatangan mahasiswa pasca sarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tepatnya pada Selasa (13/12/2022) pagi hari. Kedatangan beberapa mahasiswa tersebut atas perintah dari salah satu dosen Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang merupakan ketua dari LP Ma’arif Kabupaten Malang. Beliau adalah Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd,I., atau sering di panggil bapak Amka. Terdiri dari lima anggota mahasiswa pasca sarjana Manajemen Pendidikan Islam dibawah bimbingan bapak Amka.

Foto bersama dan pemberian kenang-kenangan

Sampainya di lokasi, mahasiswa langsung bertemu dengan bapak Suaidi, SH. Beliau merupakan kepala madrasah tersebut. Beliau menjelaskan beberapa hal seputar sekolah, mulai dari pasang surut dari megelola madrasah tersebut hingga mencapai masa yang lumayan stabil seperti saat ini. Sebelum melaksanakan pengabdian (mengajar) pada hari selasa 13 Desember 2022, salah satu perwakilan dari mahasiswa tersebut sudah melakukan observasi guna mengetahui situasi dan kondisi serta sejauh mana mata pelajaran yang sudah disampaikan pada kelas yang akan dijadikan bahan abdi (untuk mengajar), guna untuk mengetahui materi apa baiknya yang akan disampaikan pada kegiatan pengabdian dan melakukan kegiatan sosialisasi bersama seluruh guru dengan menyesuaikan kebutuhan, serta melihat situasi dan kondisi madrasah tersebut.

Dalam kegiatan sosialisasi, mahasiswa menyuguhkan topik diskusi dengan tema “Sekolah Sebagai Agen Perubahan”, dalam tema tersebut berbicara tentang hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat, dan inovasi dalam meningkatkan hubungan antara madrasah dengan masyarakat. Diskusi yang terjadi sangat menarik dan memberikan sebuah solusi baru bagi kepala madrasah. Harapan dari semua anggota mahasiswa adalah dengan munculnya solusi baru tersebut, dapat mengurangi problematika yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Desa Sumber keradenan kecamatan Pakis kabupaten Malang.

Kegiatan ini merupakan salah satu program dari LP Ma’arif Kabupaten malang untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan madrasah ma’arif di Kabupaten Malang.

Penulis: Danis Susanti, Halimah As Sadiyah, Ahmad ‘Izzul Mutho’, Nyak Dara Najmatus Subhi, Maharani

editor: mzizzybq

Post Comment