Bimlat Pendampingan Pembuatan Google Form Dalam Meninjau Evaluasi Belajar

Bimlat Pendampingan Pembuatan Google Form Dalam Meninjau Evaluasi Belajar

M Makruf Al Arif, Khalifatunnisa dan Shafa Al Istiqomah. Kamis, 29 Juni 2023.

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.

Pada hari Selasa, 27 Juni 2023 telah diadakan acara Turba PC Ma’arif NU Kab Malang di LP Ma’arif Dau Malang dan Bimlat pendampingan pembuatan Gogle form dalam meninjau evaluasi belajar. Bertempat di MTs Wahid Hayim 02 Desa Kucur jalan raya kucur krajan No 29 Kec Dau Kab Malang Jawa Timur Indonesia. Diawali dengan istighosah memohon, berharap dan minta kepada Allah agar acara lancar dan hidup selalu dalam naungan kebahagiaan dan keberkahan pada pukul 08.30 yang di pimpin oleh sang MC. Acara ini adalah salah satu kegiatan program rutin yang diadakan oleh LP Ma’arif Kabupaten Malang untuk turun ke bawah melihat, menganalisa dan memberikan dorongan serta memotifasi pada setiap lembaga pendidikan Ma’arif agar mampu bersaing di zaman era modern nan digital serta mampu melahirkan alumni yang mampu bersaing di kancah  dunia nasioanal dan global.

Acara ini dihadiri oleh guru RA, MI, MTs, jajaran penggurus MWC kecamatan dan kabupaten, tenaga pendidik dan kependidikan, pejabat dan Komite Madrasah, serta tamu undangan. Dan teristimewa kegiatan ini dihadiri langsung oleh Pimpinan LP Ma’arif NU Kabupaten Malang Dr. H. Abdul Malik  Karim Amrullah, M.Pd.I., dan bapak kepala desa. Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 WIB berlangsung cukup khidmat dan berakhir pukul 12.00. Diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars Subbanul Wathan, pembacaan ayat Suci Al Qur’an, dan sambutan acara oleh Ketua LP Ma’arif Dau dan Pimpinan LP. Maarif NU Kabupaten Malang Dr. H. Abdul Malik  Karim Amrullah, M.Pd.I. Serta sponsor dari tim kampung coklat kota Blitar dan BPJS Ketenagakerjaan.

Di awal sambutannya, Dr. H. Abdul Malik  Karim Amrullah, M.Pd.I. atau lebih dikenal dengan panggilan Pak Amka menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara serta mengucapkan terima kasih dan meyakinkan kepada peserta  dengan adakan acara ini untuk memperluas jaringan berkah dan rahmat dengan saliturahmi yang jangan sampai terputus. Organisasi NU ini sangat besar maka butuh manajemen yang luar biasa untuk mengolah dan mengatur agar tidak terkalahkan dengan kebatilan yang di manajemen terukur dan terstruktur. Warga NU harus bangga dengan ajaran K.H Hasyim Asy’ari bukti warga ini bangga yaitu melalui mejaga nilai-nilai ASWAJA dengan manajemen yang sebagai value organisasi karna kita adalah makmum dari para pendahulu dan pendidiri NU.

Dr. Amka menyampaikan bahwa Paradigma pendidikan negara kita dan dunia saat ini adalah berbasis outcome bukan output lagi setalah dia lulus bisa apa, capaian pembelajaran bagaimana,  learning outcome, kemapuan problem solving anak anak, dibantu project best learning , kurikulum merdeka belajar dengan dokumen dan proses yang baik, sehingga siswa mampu mengevaluasi mandiri, refleksi diri, من عرف نفسه عرف ربه، رجل يدري أنه يدري فهو عالم  kata rabbahu di sini bukan hanya berarti tuhanya namun juga dalam artian yang mendidiknya sehingga siswa tidak hanya Melamun, berfikir pasif, mimpi sampah dalam kendali bawah sadarnya .” Ujar Dr Amka.

Acara bimlat ini di oleh tiga pemateri M Makruf Al Arif, S.Pd, Khalifatunnisa, S.Pd, dan Shafa Al Istiqomah, S.Pd, juga dimeriahkan dengan sponsor dari kampung coklat Blitar dan juga BPJS ketenagakerjaan kota malang. Bimlat gogle form yang di awali dari pembukaan, perkenalan diri pemateri, presentasi materi yang berisikan pengertian geogle form; manfaat dan kegunaan, di lanjutkan pendampingan praktek pembuatan geogle form. Namun terdapat kendala dalam pembuatan gogle form yaitu kurang kuat dan cepat sinyal internet sehingga menghabiskan waktu untuk menunggu proses internet yang stabil. Setelah acara pendampinggan pembuatan acara gogle form acarapun di lanjutkan ke pemateri selanjutnya dari kampung coklat kota Blitar dan juga BPJS ketenagakerjaan kota malang dan di akhiri dengan sesi foto bersama.

Post Comment