LP Ma’arif Start Dampingi Penerapan ISO 21001:2018 SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo

LP Ma’arif Start Dampingi Penerapan ISO 21001:2018 SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo

Muhammad Masykur Izzy Baiquni. Kamis 26 Januari 2023

Workshop ISO di SMK NUSA

LP Ma’arif kabupaten Malang.

                Gelar Workshop bertajuk Penerapan SNI ISO 21001:2018 Menuju SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Bertaraf Internasional yang dilakukan SMK NUSA bersama LP Ma’arif Kabupaten Malang berlangsung sukses. “Ini baru awal, kita akan workshop secara terstruktur pada hari-hari berikutnya. Siapkan diri Anda!” Ucap nara sumber dari UIN Malang Dr. H. Sugeng Listyo Prabowo di depan para peserta yang mencapai 60 orang. “Kita akan belajar memanage masalah, karena masalah yang terlalu banyak malah sering dianggap tidak ada masalah” seloroh tokoh yang pernah aktif di Lakpesdam Kabupaten Malang ini diikuti ketawa dari para peserta.

Peserta Workshop ISO di SMK NUSA

KH. Mudjib Syadzili kepala SMK NU Sunan Ampel (NUSA) dalam sambutan pembukaan berkata “Ini adalah kelanjutan dari pelatihan yang dilaksanakan oleh LP Ma’arif Kabupaten Malang di Hotel Solaris, SMK NUSA punya komitmen untuk menjadi SMK bertaraf Internasional”. Disambut yel-yel semangat para guru SMK NUSA yang memenuhi ruang Aula lantai tiga.

Rabu (25/01/2023) LP Ma’arif Kabupaten Malang dihadiri oleh Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I., dan Muhammad Masykur Izzy Baiquni disambut dengan penuh antusias. “LP Ma’arif dengan program Ma’arif excellent berkomitmen menerapkan ISO. Kita strat dari SMK NUSA dan MA AlMa’arif Singosari. Menuju internasional untuk keberlangsungan organisasi dengan selalu up date isu-isu global yang tidak menentu. Isu itu kita antisipasi dengan ISO. ISO belajar tentang manajemen risiko. ISO bertujuan bukan bertujuan untuk mencari kesalahan, namun untuk menemukan ruang-ruang perbaikan” Dr. H. Amka menjelaskan dalam sambutannya. Selama tiga jam LP Ma’arif bersama Dr. H. Sugeng Listyo Prabowo bicara dan berdiskusi tentang standar ISO, strategi pemenuhan, dan rencana workshop yang akan dilaksanakan selanjutnya.

Sambutan dari Kepala SMK NUSA

“Barang bagus tidak selalu sustain, ISO belajar menyelesaikan masalah secara fundamental, memetakan gejala, penyebab, dan seterusnya. Kemampuan dalam manajemen disebut dengan sumber daya. Manajemen menyebutkan bahwa sumber daya menyebabkan organisasi bisa bergerak” komentar Dr. Sugeng yang merupakan teman lama KH. Mudjib Syadzili. “Saya sudah banyak mendampingi perguruan tinggi. Dan ini adalah gebrakan SMK NU, saya siap terus mendampingi” imbuh salah satu tokoh senior LPM UIN Malang ini.

ISO bisa masuk dalam semua standar yang digunakan di organisasi. Di dalam lembaga pendidikan, diantara prinsip ISO adalah fokus kepada pembelajaran, orang harus larut dalam organisasi, dan pimpinan larut dalam memeperhatikan peningkatan SDM. Pemimpin harus bisa menangani berbagai kesulitan yang dihadapi bukan malah menghancurkan kesulitan. Sehingga kompetensi manajemen risiko sangat penting dipahami. Pemimpin harus mampu menjelaskan semua hal secara jelas kepada bawahan atau guru. Karena pimpinan tidak akan bisa memanage apapun yang belum jelas.

Di sesi terakhir, tokoh Dewan Pendidikan KH. Maman Satuman menutup workshop sesi pertama dengan memimpin doa untuk kesuksesan tujuan besar SMK NUSA dan LP Ma’arif Kabupaten Malang

(mzizzybq)