Kiprah Ustadz Deden Tokoh Pendidikan Ma’arif Malang Selatan

Kiprah Ustadz Deden Tokoh Pendidikan Ma’arif Malang Selatan

Dr. H. Amka. Rabu. 29 November 2023

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.

Ketua LP Ma’arif NU Kab Malang kali ini kedatangan seorang tokoh Pendidikan dari Malang Selatan yaitu Ustadz Deden, beliau berjuang dan berdakwah disana mulai dari nol sampai melakukan sebuah perubahan yang luar biasa. Nama lengkapnya adalah H. Deden Jaenal Abidin, SHI., M.Pd.I., lahir di Majalengka, 17 Nopember 1979 berdomisili di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kab Malang Prov Jawa Timur.

Kiprah Ustadz Deden termasuk fenomenal diantaranya adalah, Finalis Audisi Da’i TPI/MNCTV Jakarta, Lulus Sertifikasi Da’i MUI Jakarta Angkatan ke-8, Pendiri & Pengasuh Pesantren Cinta Al-Qur’an, Pendiri & Pembina KB, TK & SD Anak Sholeh Full Day, Pengisi Bina Rohani di keluarga Kapolda

Latar belakang pendidikan ustadz Deden adalah Alumni S-1 & S-2 IAIN/UIN Sunan Ampel Surabaya, Alumni Pon.Pes. Bahuddin Ismailiyyah, Ngelom Sepanjang Sidoarjo

Ustadz Deden sangat aktif di Nahdhatul Ulama’ sebagai Pengurus Cabang Lembaga Dakwah Nahdlotul Ulama (PCLDNU) Kab. Malang 3 periode, juga Pengurus Cabang LP Ma’arif Kab Malang. Beliau bercerita mulai berjuang di Sitiarjo sejak 2005, saat itu beliau bolak balik dari Surabaya ke Sitiarjo dengan mengendarai sepeda motor, cukup melelahkan tapi dengan semangat dakwah saya jalani dengan bahagia, beliau punya Visi “Terwujudnya Dakwah Islam yang sejuk untuk semua, dan Moto yang di usung adalah Menebar manfaat berharap hidayah.”

Cukup banyak tantangan saat ustadz Deden mengawali berdakwah disana, sebagai pendatang baru beliau kerap dituduh sebagai orang yang punya misi ideologi tertentu yang bertentangan dengan Aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja), karenanya beliau mencoba menerapkan ilmu dakwahnya yaitu bagaimana cara berkomunikasi menyampaikan ide dan misinya kepada warga Nahdiyin di Malang selatan akhirnya beliau aktif di lembaga NU bahkan ikut angkatan pertama PKPNU di Kab Malang “Ujar Ustadz Deden”

Kedatangan Ustadz Deden kali ini untuk menyambung kembali silaturahmi dengan LP MA’ARIF NU KAB MALANG agar tidak terputus sanad perjuangan khususnya di daerah Sitiarjo, bahkan beliau meminta khusus untuk desa Sitiarjo dijadikan desa Binaan LP Ma’arif NU Kab Malang sehingga masyarakat Sitiarjo semakin bangga dengan NU bisa melakukan pembinaan di daerah terpencil di Kab Malang.

Ustadz Deden juga meminta secara khusus kepada kampus Pengabdian Masyarakat UIN MALIKI MALANG, Dr Saiful Mustofa, M.Pd.I., untuk juga bisa ikut andil dalam perjuangan beliau di Malang Selatan ini. Dr Saiful Mustofa merespon positif permohonan Ustadz Deden ini dan akan dikirimkan mahasiswa yang KKN nanti di sana ‘Ujar Saiful.

Post Comment