Breaking News
light_mode
Beranda » Muhammad Masykur Izzy Baiquni » Website dalam Pendidikan, untuk Apa?

Website dalam Pendidikan, untuk Apa?

  • account_circle humaslp2
  • calendar_month Rabu, 1 Feb 2023
  • visibility 469

Oleh: Muhammad Masykur Izzy Baiquni

“Jika Anda menggunakan seluruh waktu Anda untuk mengerjakan tugas-tugas yang sangat produktif, Anda akhirnya akan ‘mengurangi’ semua kegiatan tidak produktif yang mungkin mengganggu Anda menyelesaikan tugas utama Anda” Brian Tracy

Rabu 11 Januari 2023 tepat pukul 11:00 wib, kami diundang ke kantor Muslimat Kabupaten Malang. IGTKM hadir memenuhi aula pertemuan. Setiap kecamatan minimal diwakili oleh dua orang pengurus IGTKM dan Saya, Dr. Amka, serta Ahmad Syuhada hadir memenuhi undangan tersebut.

Pertemuan itu salah satunya berbicara tentang pentingnya website di TK Muslimat sebagai salah satu sarana penyampai informasi. Waktu itu saya diminta untuk mempraktekkan menulis kegiatan dan mengunggahnya di website LP Ma’arif dengan waktu yang diberikan sangat sedikit, dan kemudian ditunjukkan kepada peserta sebagai salah satu bukti bahwa informasi bisa bergerak sangat cepat dan bisa diakses dengan mudah.

Obrolan tentang website ternyata masih kadang menjadi buah bibir ketika kami melakukan kegiatan. Kami di LP Ma’arif sangat ingin memberikan informasi tentang beragam kegiatan yang kami lakukan, bisa jadi ini sangat bermanfaat bagi madrasah-madrasah yang sudah bergabung ataupun yang belum “mengenal” lebih dekat LP Ma’arif periode 2022 ini, bahkan Kami juga berbicara data dan aplikasi dengan menunjukkan website kami. Ini merupakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang positif. Pemanfaatan TIK untuk pengembangan madrasah-madrasah Ma’arif adalah sebuah keniscayaan. Apalagi pengguna internet di Indonesia telah mencapai 76,8 persen berdasarkan data Maret 2021. 

Menurut saya, hadirnya website akan menjadi salah satu trigger interaksi antara  Ma’arif Kabupaten Malang dengan sekolah/madrasah. Website LP Ma’arif Kabupaten Malang bisa menjadi portal utama untuk berbagi pengetahuan kepada sekolah/madrasah.

Website tentunya juga perlu dibuat dengan tampilan yang menarik, baik dari desain ataupun konten. Sangat disarankan bahwa website yang dimiliki sekolah/madrasah memiliki konten yang berisi informasi kelembagaan, informasi pendidik dan tenaga kependidikan, informasi visi, misi, dan kurikulum, informasi siswa, sarana prasarana, dan yang tidak kalah penting informasi sejarah lembaga, prestasi sekolah/madrasah dan hal yang perlu dan penting untuk akses publik.

Website Saya umpamakan sebagai jendela di mana masyarakat bisa mengetahui informasi tentang sekolah/madrasah. “Untuk apa website bagi kami yang berada di pelosok?” Seorang guru berusia setengah baya melontarkan pertanyaan itu kepada saya. Website sebagai sumber informasi dan dokumentasi, adalah sarana komunikasi yang penting dan bermanfaat untuk modal keberlangsungan lembaga, memudahkan pengguna untuk mengelola informasi ma’arif dan sekolah/madrasah.

Dari beberapa literatur serta perjalanan “bergumul” saya di website LP Ma’arif Kabupaten Malang, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan adanya website entah itu bagi LP Ma’arif ataupun untuk sekolah/madrasah. Website bermanfaat untuk proses pengabdian, berkontribusi dalam upaya pemasaran Ma’arif dan sekolah/madrasah, mendorong akuntabilitas dan kolaborasi dengan konstituante, sebagai sumber informasi dan dokumentasi, sarana interaksi, sarana pembelajaran, dan mungkin masih banyak lagi. Namun, yang tidak kalah penting adalah pengelolaan website semakin professional semakin baik dan yang sangat penting adalah harus selalu ada informasi terbaru ma’arif dan sekolah/madrasah secara real-time. Situs web sebagai alat komunikasi penting perlu terus ditingkatkan oleh pengelolanya.

McKenzie menjelaskan bahwa membangun website sekolah/madrasah memiliki beberapa tujuan yaitu: Pertama, memperkenalkan sekolah kepada pengunjung dan siapa saja yang ingin mengetahui tentang misi dan tujuan sekolah; Kedua, bertindak sebagai pusat sumber yang menawarkan tautan informasi dai World Wide Web yang relevan dan mendidik bagi guru, orang tua, dan siswa; Ketiga, bertindak sebagai platform untuk mempublikasikan karya siswa; Empat, menyediakan konten yang relevan dan informatif secara lokal.

Dalam Buku Manajemen Madrasah Teori, Riset, dan Praktik, Munadi dan Umar mengutip hasil penelitian Laugi (2020) yang menunjukkan bahwa: Pertama, website merupakan perangkat yang sangat kompleks karena menggabungkan berbagai domain melalui jaringan internet, sehingga menghasilkan data yang kompleks berupa teks, gambar, video, audio, dan animasi. Kedua, website sekolah yang baik harus memenuhi kriteria berikut: mudah, struktur navigasi, desain grafis, konten, kompatibel, cepat, fungsional, dapat diakses oleh semua orang, dan interaktif; Ketiga, website sekolah merupakan sarana penting dalam pengelolaan sekolah, tidak hanya secara internal tetapi juga eksternal; Keempat, dampak kemajuan TI telah merambah berbagai bidang kehidupan, sehingga sekolah harus memiliki sistim informasi berbasis web; Kelima, web sekolah harus dikembangkan dalam doamain bisnis utama sekolah yaitu pendidikan dan pembelajaran; Keenam, untuk menjamin terjadinya manajemen sekolah berbasis web, prinsip-prinsip dasar manajemen web sekolah harus dijalankan dengan baik.

Website yang berguna sebagai media informasi, komunikasi antara sekolah, siswa, dan orang tua bisa kita temukan di banyak Negara, Saya mengambil contoh pengembangan website di Negara Finlandia. Ratih D. Adiputri menguraikan bahwa seluruh informasi pendidikan dan pedagogi Finlandia tersimpan dalam situs web peda.net.. Informasi sekolah ada di peda.net. dan yang menyangkut pertemuan sekolah atau kelas tertentu, biasanya sekolah akan mengirimkan juga informasi itu ke media wilma melalui wilma.jkl.fi.  

Jadi, apakah Ma’arif dan sekolah/madrasah harus terus mengembangkan website?….

Wallahu a’lam

Selasa, 31 Januari 2023

  • Penulis: humaslp2

Rekomendasi Untuk Anda

  • Launching Spektakuler “Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies”

    Launching Spektakuler “Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies”

    • calendar_month Senin, 19 Des 2022
    • account_circle humaslp2
    • visibility 331
    • 0Komentar

    Muhammad Masykur Izzy Baiquni, Senin 19 Desember 2022 LP Ma’arif Kabupaten Malang Salah satu program pengabdian LP Ma’arif yang spektakuler adalah mendirikan Jurnal Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies. Jurnal ini ditujukan untuk membudayakan tradisi akademik menulis karya ilmiah di madrasah-madrasah Kabupaten Malang. Harapannya adalah terbangun kualitas pendidikan yang semakin kreatif inovatif […]

  • Berselancar Kebudayaan

    Berselancar Kebudayaan

    • calendar_month Rabu, 20 Nov 2024
    • account_circle humaslp
    • visibility 256
    • 0Komentar

    Mz. Rabu. 20 November 2024 “Secara alamiah sifat manusia itu sama, tetapi kebiasaan dan tradisilah yang membuat mereka terpisah” Confucius Membaca, menulis dan memahami budaya dengan budaya literasi. Itulah ide yang muncul dalam benak saya. Menyambut hari guru nasional 25 November 2024 menginspirasi saya untuk melakukan literasi budaya dengan mengampanyekan budaya literasi. Mempelajari beragam budaya […]

  • <strong>KOLABORASI LP MA’ARIF DENGAN KEMENAG KABUPATEN MALANG</strong>

    KOLABORASI LP MA’ARIF DENGAN KEMENAG KABUPATEN MALANG

    • calendar_month Sabtu, 10 Des 2022
    • account_circle humaslp5
    • visibility 291
    • 0Komentar

    Malang, LP Maarif Kab. Malang LP Ma’arif Kabupaten Malang tidak henti-hentinya menunjukkan keseriusan untuk membangun persatuan dan kesatuan. Hal ini dibuktikan kembali dengan silaturrahim dengan kepala Kementerian Agama Kabupaten Malang Dr. H.Mustain,M.Ag., pada hari Selasa (17/05/22) di kediaman pribadi beliau. Silaturrahim beberapa tokoh LP Ma’arif  yang dihadiri oleh sang ketua Dr.H. Abdul Malik Karim Amrullah,M.Pd., […]

  • Mengabdi dengan Meneladani

    Mengabdi dengan Meneladani

    • calendar_month Senin, 19 Des 2022
    • account_circle humaslp2
    • visibility 191
    • 0Komentar

    Senin 19 Desember 2022 LP Ma’arif Kabupaten Malang Program Fakultas Tarbiyah dan LP Ma’arif Kabupaten Malang mengabdi sudah merambah pada tingkat mahasiswa, dengan kerja sama LP Ma’arif mengabdi di lembaga madrasah di bawah naungan LP Ma’arif Kabupaten Malang. Berlangsung mulai tanggal 14 Desember 2022 sampai dengan 23 Desember 2022, Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam […]

  • Menyingkap Keajaiban Al Qur’an dari Sisi Matematika

    Menyingkap Keajaiban Al Qur’an dari Sisi Matematika

    • calendar_month Senin, 27 Jan 2025
    • account_circle humaslp2
    • visibility 487
    • 0Komentar

    Izzy. 27 Januari 2025 LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang Hari ini saya sangat bersyukur, karena kembali mendapatkan kesempatan untuk menemani dua guru saya yakni Dr. KH. Zulfan Syahansyah, M.Pd., dan Dr. Abdussyakir, M.Pd. dalam sebuah seminar tentang sebuah tema menarik Menyingkap Keajaiban Al Qur’an dari Sisi Matematika di Pondok Pesantren Al Munawariyyah Bululawang Malang. Di […]

  • Guru Besar Itu Mental

    Guru Besar Itu Mental

    • calendar_month Selasa, 19 Des 2023
    • account_circle humaslp2
    • visibility 201
    • 0Komentar

    Oleh: Muhammad Masykur Izzy Baiquni “Proses menuju Guru Besar ini sebenarnya sangat panjang, karena harus memenuhi persyaratan khusus yaitu Jurnal Internasional Bereputasi, dan untuk publish sendiri saya berkali-kali di tolak (reject) oleh Jurnal itu. Tapi sebenarnya pencapaian Guru Besar tidak bermakna sesederhana itu, karena Guru Besar itu sebenarnya tidak sekedar Gelar tapi Mental. Mental Guru […]

expand_less