START PEMETAAN BAKAT DAN MINAT SISWA, LP MA’ARIF KABUPATEN MALANG GANDENG ERAT FAKULTAS PSIKOLOGI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

START PEMETAAN BAKAT DAN MINAT SISWA, LP MA’ARIF KABUPATEN MALANG GANDENG ERAT FAKULTAS PSIKOLOGI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

humaslp 6 months ago Uncategorized

Foto: Pengurus LP Ma’arif diterima di MA Al Khoiriyah Gondanglegi
Malang, LP Maarif Kab. Malang.

Salah satu program unggulan LP Ma’arif Kabupaten malang adalah tes psikologi dan pemetaan bakat minat siswa. Program talent mapping ini sangat penting dan memiliki manfaat besar bagi siswa untuk memilih jurusan serta karier mereka di kemudian hari. Dan MA Al Khoiriyah Gondanglegi Malang menjadi titik awal start program tersebut.

Kamis (19/05/2022) pukul 08.10 wib pengurus LP Ma’arif Kabupaten Malang, Muhammad Nur Hasyim,M.Pd. sekretaris LP Ma’arif. Risa Elvia,M.Pd. Koordinator Bidang Pendidikan, Pengkaderan, dan Pengembangan Potensi Siswa, serta Muhammad Masykur Izzy Baiquni,M.Pd.,CH.,CHt., serta perwakilan dari Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang datang berdialog langsung dengan kepala sekolah MA Al Khoiriyah Fikri Aziz,M.Pd., beberapa guru serta para siswa.

Kepala MA Al Khoriyah yang juga alumni UIN Maliki Malang ini menyambut baik kedatangan tim LP Ma’arif serta memberikan penjelasan tentang perkembangan siswa di MA Al Khoiriyah. Selanjutnya beliau mempersilahkan kepada tim LP Ma’arif untuk berdialog langsung dengan para siswa jurusan IPS.

Setelah para siswa berkumpul di masjid al Khoiriyah, Muhammad Masykur Izzy Baiquni yang akrab dipanggil Mas Izzy memberikan motivasi dan penjelasan tentang pentingnya pemahaman terhadap bakat dan minat dari setiap siswa. “Kita harus tahu apa passion kita, tipe kepribadian kita agar nantinya kita tidak salah mengambil jurusan bila kita kuliah. Hampir 87,5 % mahasiswa salah mengambil jurusan dalam belajar” Ujar Mas Izzy dengan penuh semangat.

Motivasi selanjutnya disampaikan oleh Mr. hasyim (panggilan akrab dari M. Nur Hasyim), “Belajarlah diawali dengan rasa bahagia sesuai dengan passion kalian” ujar Mr. Hasyim yang juga merupakan manager di Bravo Viec Malang ini.

Tes bakat minat akan dipandu dan didampingi langsung oleh tim dari Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang. Program ini akan terus bergerak ke madrasah/sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Malang. dan bagi madrasah atau sekolah yang ingin segera melakukan pemetaan bakat dan minat para siswa, bisa mengajukan undangan kepada LP Ma’arif Kabupaten Malang.

Post Comment