Breaking News
light_mode
Beranda » Muhammad Masykur Izzy Baiquni » Keberaksaraan Sebagai Kebebasan

Keberaksaraan Sebagai Kebebasan

  • account_circle humaslp2
  • calendar_month Sabtu, 17 Des 2022
  • visibility 278

Oleh: Muhammad Masykur Izzy Baiquni

Kalau ingin maju, tidak boleh puas dengan apa yang ada

KH. Imam Zarkasyi, Gontor

Nahdlatul Ulama memiliki tokoh tokoh yang hebat, dalam hal ini penitikberatan yang penulis maksud adalah literasi. Sejarah tidak akan menolak bilamana Hadratussyaikh KH. Muhammad Hasyim Asy’ari, KH. Abdul Wahab Hasbullah, KH. Bisri Syansuri, KH. Ma’shum Lasem, KH. Bisri Musthofa, KH. Mahfud Salam, KH. Sahal Mahfud, KH. Maimoen Zubair, KH. Abdurrahman Wahid, KH. Tolhah Hasan, KH. Muchid Muzadi, KH. Ahmad Mustafa Bisri, sampai kepada KH. Said aqil Siradj adalah tokoh yang sangat dikenal memiliki budaya literasi yang luar biasa, serta banyak tokoh lainnya yang tidak bisa penulis tuliskan semuanya.

                Sebagai contoh, dalam Buku Kiai-Kiai Kharismatik dan Fenomenal dijelaskan bahwa KH. Sahal Mahfud memiliki minat baca sangat tinggi. Koleksi buku KH. Sahal Mahfud mencapai 1800-an di rumahnya. “Meskipun seorang kiai, beliau tidak hanya membatasi buku bacaannya pada kitab agama. Namun, Beliau juga memiliki banyak buku dengan berbagai tema, mulai dari psikologi sampai novel detektif” (Rokhim, 2015:180).

Sejak mulai disahkannya struktur kepengurusan LP Ma’arif Kabupaten Malang, penulis dan tim mendapat mandat untuk mengembangkan literasi diberbagai madrasah/sekolah Kabupaten Malang sampai masa kepengurusan selesai. Menurut penulis, tugas ini lumayan berat atau kalau boleh dibilang berat karena bisa kita ketahui bahwa literasi di Indonesia terbilang rendah.

Bicara tentang madrasah dan literasi, Madrasah adalah manifestasi amal NU bagi masyarakat dan merupakan saluran pengembangan Islam Aswaja. Ma’arif biasanya menangani pendidikan formal. Banyak sekali lembaga pendidikan warga NU yang bernaung di bawah lembaga pendidikan Ma’arif sehingga eksistensi Ma’arif sangat strategis bagi dinamisasi lembaga pendidikan NU (Asmani, 2021:154)

Salah satu tujuan besar LP Ma’arif yakni membangun peradaban memang tidak bisa lepas dari literasi. Bila kita kembali ke masa lalu bahwa peradaban manusia dimulai dengan kemampuan manusia untuk menciptakan litera, yaitu huruf. Litera dapat bermakna harfiah, seperti misalnya huruf dalam tulisan latin dapat bermakna simbol sebagaimana yang bisa kita temui dalam huruf-huruf Mesir Kuno, Tiongkok, dan Jepang, bahkan bisa pula bermakna berbagai gambar dalam gua-gua jaman dahulu kala.

Sastrawan dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Budi Dharma, menjelaskan bahwa istilah “litera” sendiri sebetulnya baru muncul pada waktu Peradaban Romawi Kuno mendominasi dunia pemikiran, jauh sesudah manusia mampu menciptakan gambar di gua-gua jaman dahulu kala. Namun, istilah “litera”  sekali lagi baru muncul pada jaman Romawi Kuno, pada saat bahasa Latin dipakai sebagai Lingua Franca dalam dunia “modern”, dan kemudian terpencar menjadi dua puluh empat bahasa-bahasa resmi Eropa, atau, khususnya bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Spanyol, yang kemudian menjadi raja-raja dalam komunikasi internasional. Karena itulah, meskipun “litera” relatif baru, istilah ini dianggap sebagai patokan baku.

Literasi kemudian menjadi gerakan bersama yang dicanangkan oleh UNESCO pada tahun 2003-2013 sebagai dasawarsa literasi PBB (United Nations Literacy Decade). Kemudian UNESCO pada tahun 2005-2015 mencanangkan Prakarsa Literasi bagi Pemberdayaan (Literacy Intiative for Empowerment, LIFE) deangan mengangkat tema Keberaksaraan sebagai Kebebasan. Kesadaran pentingnya literasi dicanangkan PBB dan kemudian diteruskan oleh Negara-negara lain di dunia.

Perkembangan selanjutnya dalam kata “litera” muncullah kata “literate” yaitu mampu membaca dan “illiterate” yaitu tidak mampu membaca dan sering disebut sebagai buta huruf. Dengan kemampuan membaca maka seseorang dalam konteks disini bisa jadi siswa, mahasiswa, dan pendidik bisa memahami bacaan dan karena itu pengetahuan dan wawasannya menjadi luas. Akibat berikutnya adalah siswa, mahasiswa dan pendidik mampu mengeluarkan pendapat, komentar dan analisis dari apa yang dia pahami dari bacaannya. Kemudian dari sinilah muncul berbagai macam literasi, misal literasi dasar, literasi perbankan, literasi budaya dan lainnya.

Salah satu target pengembangan LP Ma’arif adalah di literasi pendidikan. Sebab literasi pendidikan banyak bicara tentang etika, moral, norma, dan semua hal yang berada di bawah naungan dunia pendidikan. Tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat dan negara yang memiliki kemampuan literasi yang baik, maka tata kehidupan bisa berkembang baik pula, mulai dari segi pendidikan, budaya ekonomi, dan teknologi. Secara khusus, Prof Sarwiji Suwandi menjelaskan bahwa literasi terkait dengan kegiatan: Pertama, membaca sebagai sarana untuk memahami informasi dan ilmu pengetahuan; Kedua, berpikir dalam mengembangkan informasi dan ilmu pengetahuan dalam memahami kehiduipan lebih eksploratif dan elaboratif; Ketiga, berkarya dan bersikap dalam mengekspresikan dan mengaktualisasikan pemahaman ilmu pengetahuan  dan informasi dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis menyadari bahwa pengembangan literasi di Kabupaten Malang tidak hanya ada di divisi literasi LP Ma’arif. Karena berbicara gerakan literasi madrasah/sekolah, harus dimulai dari literasi keluarga, dan juga literasi masyarakat, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Disebabkan bahwa Gerakan Literasi bersifat partisipatif dengan melibatkan warga sekolah, akademisi, penerbit, media massa, masyarakat, dan pemangku kepentingan.

Peran keluarga sangat besar dalam pengembangan literasi, orang tua bisa menumbuhkan minat dan budaya membaca anak dengan: Satu, memperkenalkan buku sejak dini; dua, memudahkan jangkauan buku; Tiga, membuat perpustakaan sekolah; Empat, menunjukkan arti penting menghargai buku; Lima, Mendongeng atau membacakan buku cerita; Enam, memberikan teladan membaca; Tujuh, mengajak rekreasi edukatif; Delapan, meminta anak bercerita dan berdialog; Sembilan, meminta anak bereksperimen; Sepuluh, memberi kesempatan mengarang.

Madrasah dan guru juga mengambil peran besar dengan menyediakan pojok buku di ruang kelas; melakukan kampanye membaca; dan meningkatkan kemampuan membaca siswa. Madrasah dan guru berperan aktif dalam meningkatkan kebiasaan dan budaya literasi bagi para siswanya.

Literasi tidak hanya dipahami sebagai lawan dari buta aksara atau sekedar bisa membaca dan menulis teks, namun juga berisi minimal empat kompetensi yaitu kompetensi kreatif dan inovatif, kritis, komunikatif, dan kolaborasi. Kenyataan yang tidak bisa dinafikan bahwa Negara-negara maju yang berkembang pesat dan memiliki peradaban maju adalah Negara-negara yang memiliki budaya literasi bagus. Literasi memiliki peran penting dalam memajukan suatu Negara. Dan literasi adalah tanggung jawab kita bersama.

Wallahu a’lam

Sabtu, 17 Desember 2022

07: 30 wib

  • Penulis: humaslp2

Rekomendasi Untuk Anda

  • MJEMIAS Bertransformasi

    MJEMIAS Bertransformasi

    • calendar_month Sabtu, 17 Mei 2025
    • account_circle humaslp2
    • visibility 395
    • 0Komentar

    Mz. Sabtu, 17 Mei 2025 LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang Sabtu (17/05/2025). Berlokasi di Kantor Informasi Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Tim Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, jurnal kebanggan LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang, melakukan pertemuan rutin untuk meningkatkan kualiats jurnal tersebut. Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kualiats, membangun […]

  • <strong>Pelantikan Pengurus LP Ma’arif MWC Bantur</strong>

    Pelantikan Pengurus LP Ma’arif MWC Bantur

    • calendar_month Senin, 30 Jan 2023
    • account_circle humaslp2
    • visibility 450
    • 0Komentar

    Muhammad Masykur Izzy Baiquni. Ahad 29 Januari 2023 LP Ma’arif Kabupaten Malang. LP Ma’arif NU Kecamatan Bantur masa khidmat 2023 s.d. 2028 sah dilantik. Disaksikan oleh Rois Syuriah Kyai Samiran, Ketua MWC Ustad Sujianto, S.Pd., penasehat KH. Asyik dan segenap pengurus Rois dan jajaran MWC lainnya, hadir juga perwakilan dari beberapa banom dan lembaga seperti […]

  • PEMBINA LP MA’ARIF AJARKAN RAHASIA SUKSES

    PEMBINA LP MA’ARIF AJARKAN RAHASIA SUKSES

    • calendar_month Kamis, 15 Des 2022
    • account_circle humaslp3
    • visibility 292
    • 0Komentar

    humaslp 6 months ago UncategorizedMalang, LP Ma’arif Kab. Malang Pembina LP Ma’arif Kabupaten Malang , tokoh pendidikan kenamaan yang juga masuk dalam tokoh ilmuan internasional Prof. Dr. KH. Imam Suprayogo menghadiri undangan dari IGRA, TKM, dan KK MI Kecamatan Wajak bertajuk Halal bi Halal Keluarga Besar RA, TKM, dan MI se Kecamatan Wajak Bersama Prof. […]

  • Literacy Enrichment on Religious Moderation

    Literacy Enrichment on Religious Moderation

    • calendar_month Senin, 17 Jul 2023
    • account_circle humaslp2
    • visibility 293
    • 0Komentar

    Muhammad Masykur Izzy Baiquni, Senin 17 Juli 2023 “Kalaulah kita dapat menyimpulkan secara singkat dan sederhana, agakanya kita dapat berkata bahwa wasathiyyah ditandai oleh ilmu/pengetahuan, kebajikan, dan keseimbangan.” Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab. “Boleh jadi agama menetapkan sesuatu disebabkan oleh kemaslahatan yang diharapkan darinya atau kemudaratan yang mesti ditangkal. Tetapi kendati demikian diperlukan perimbangan menyangkut […]

  • DAMPIT PUNYA GAWE HAFLAH AKHIRUSSANAH YAYASAN DARUSSALAM

    DAMPIT PUNYA GAWE HAFLAH AKHIRUSSANAH YAYASAN DARUSSALAM

    • calendar_month Selasa, 27 Jun 2023
    • account_circle humaslp2
    • visibility 479
    • 0Komentar

    Abd. Wahid Khoiruddin, S.Pd. Selasa 27 Juni 2023. LP Ma’arif NU Kabupaten Malang. Malang – Dalam rangka melepas peserta didik pada jenjang akhir, Yayasan Darussalam Srimulyo Dampit (YDSD) menggelar Haflah Akhirussanah, Purnawiyata Siswa dan Pentas Seni, Rabu Pon (21/6/2023), di halaman Madrasah yang berlokasi di Jalan Raya Sukorejo RT. 12 RW. 06 Desa Srimulyo Kec. […]

  • Forum KKG Kelas 6 MI Pakis Berfikir Tingkat Tinggi

    Forum KKG Kelas 6 MI Pakis Berfikir Tingkat Tinggi

    • calendar_month Sabtu, 10 Des 2022
    • account_circle humaslp5
    • visibility 278
    • 0Komentar

    Muhammad Masykur Izzy Baiquni. Senin 28 November 2022 LP Ma’arif Kabupaten Malang. 26 Nov 2022, bersama forum KKG Kelas 6 MI Kecamatan Pakis Ketua LP Maarif NU Kabupaten Malang menjelaskan bagaimana menyusun soal HOTS atau berfikir tingkat tinggi. Berfikir tingkat tinggi adalah kemampuan berfikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Konsep HOTS […]

expand_less