Ma’arif Menembus Media Informasi Bersama Radar Malang

Ma’arif Menembus Media Informasi Bersama Radar Malang

Muhammad Masykur Izzy Baiquni. Senin 31 Juli 2023

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang

“Kegiatan Jurnalistik itu mencari, memeroleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya secara teratur.” Ujar Direktur Jawa Pos Radar Malang Tauhid Wijaya, Masih menurut beliau “Radar Malang akan mensupport madrasah-madrasah di bawah naungan LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.” Menurutnya, di dalam meliput berita, wartawan harus memilih berita yang layak untuk diulas. Selain itu, wartawan dituntut bersikap independen sekaligus menyampaikan fakta yang berimbang.

Tidak hanya membawa program besar “Rapat Koordinasi LP Ma’arif NU Kabupaten Malang”, kali ini LP Ma’arif juga mengisi dengan “Penandatanganan SPK LP Ma’arif NU Kabupaten Malang dan Jawa Pos Radar Malang”. Bahkan, tidak tanggung-tanggung, giat di sesi terakhir diisi dengan “Pelatihan Manajemen Informasi Lembaga”

Foto: Penandatanganan SPK Ma’arif Kabupaten Malang dengan Jawa Pos Radar Malang

Jumat (28/7/2023) bertempat di Hotel Gajahmada Malang, hall di lantai dasar tersebut penuh dengan para kortan LP Ma’arif se Kabupaten Malang bersama para Kepala Madtasah yang diundang serta para pengurus LP Ma’arif Kabupaten lebih dari 60 orang, plus tim dari Jawa Pos Radar Malang.

Ketua LP Ma’arif Kabupaten Malang, Dr. Amka berujar “Dengan media kita akan mempromosikan berbagai kegiatan positif dan berbagai keunikan madrasah. Hal ini juga akan membantu menarik minat untuk masyarakat semakin respon terhadap madrasah dan dengan demikian kuantitas siswa di madrasah akan semakin naik” selanjutnya “Media pada saat ini sangat penting.” Tambahnya.

Diskusi interaktif antara para peserta dengan Ma’arif Kabupaten dan Jawa Pos Radar Malang tercipta cukup lama. Para audiens menanyakan berbagai pengalaman dan kebutuhan tentang peran media, diantaranya adalah, bagaimana cara menyikapi dan berkomuniukasi engan baik bila bertemu tim yang mengaku dari media tertentu tetapi tidak bisa menunjukkan identitasnya? Bagaimana cara menulis berita tentang lembaganya?

Baca juga: membaca lagi kekuatan madrasah

LP Ma’arif Kabupaten Malang menanamkan kembali peningkatan kualitas keilmuan, pengembangan mutu pendidikan dan dalan event ini adalah pelatihan informasi guna madrasah bisa terus eksis dan bisa bersaing di peradaban society 5.0.

Di sesi terakhir adalah penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama antara LP Ma’arif Kabupaten Malang dibawah kepemimpinan Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I dengan Jawa Pos radar Malang angsung oleh sang direktur Tauhid Wijaya. Gemuruh ucapan doa demi suksesnya kegiatan ke depan memenuhi hall tersebut.