Breaking News
light_mode
Beranda » BERITA » Safari Ramadhan LP Maarif Kabupaten Malang: Transformasi Guru dalam Psikologi Pembelajaran Mengasah Kesiapan Guru Maarif untuk Mencetak Generasi Berprestasi

Safari Ramadhan LP Maarif Kabupaten Malang: Transformasi Guru dalam Psikologi Pembelajaran Mengasah Kesiapan Guru Maarif untuk Mencetak Generasi Berprestasi

  • account_circle humaslp2
  • calendar_month Kamis, 20 Mar 2025
  • visibility 987

Rabu, 19 Maret 2025

LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang

Malang, 18 Maret 2025 – Safari Ramadhan yang diselenggarakan oleh PC LP Maarif NU Kabupaten Malang kali ini menghadirkan tema “Psikologi Pembelajaran, Penguatan Bimbingan, dan Konseling.” Bertempat di Aula MI Desa Tamanasri, Kecamatan Ampelgading, kegiatan ini diikuti oleh lima puluh guru dari wilayah TIRAM (Tirtoyudo dan Ampelgading).

Dalam kesempatan ini, Yusuf Ratu Agung, S.Psi., M.A., selaku Wakil Ketua PC LP Maarif Kabupaten Malang, menegaskan pentingnya kesiapan guru dalam membimbing anak-anak agar tidak hanya menjadi konsumen teknologi, tetapi juga mampu menguasai alat produksi. “Sebagai negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia, Indonesia perlu mendorong anak-anak berprestasi. Guru Maarif memiliki peran strategis dalam membentuk kesiapan siswa di dalam kelas agar mereka mampu menggunakan teknologi sebagai alat memaksimalkan potensi diri,” ujar Yusuf.

Ia juga menyoroti bahwa selain kecakapan akademik dan teknologi, faktor psikologis sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus mampu mengelola emosi diri dan siswa secara positif agar tercipta lingkungan belajar yang sehat dan produktif.

Membangun Komunikasi yang Memberdayakan

Sesi berikutnya diisi oleh Mohammad Mahpur, penulis buku Metode Pengasuhan Anak dari Program Studi Magister Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dalam paparannya, Mahpur menekankan pentingnya perubahan pola komunikasi dalam pembelajaran.

“Selama ini, banyak guru masih terjebak dalam desain pembelajaran instruktif, yang hanya berpusat pada instruksi satu arah. Pendekatan non-direct mengajak guru untuk mensimulasikan komunikasi yang lebih memberdayakan siswa, dengan cara mendengarkan dan memahami potensi mereka,” jelas Mahpur.

Melalui sesi simulasi, para guru diajak untuk mengeksplorasi bagaimana komunikasi yang lebih terbuka dan empatik dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Hasilnya cukup mengejutkan. Seorang guru peserta, Jamil, menyatakan bahwa metode ini membuka wawasannya dalam menghargai keunggulan individu siswa.

“Sebelumnya, saya hanya terpaku pada standar penilaian tunggal, tetapi melalui simulasi ini, saya sadar bahwa menghargai anak berdasarkan keunikannya justru jauh lebih efektif dalam membangun potensi mereka,” ungkapnya.

Seorang guru perempuan juga mengakui bahwa ia melihat perbedaan yang signifikan ketika siswa diberi instruksi yang sama namun merespons dengan cara yang berbeda. Hal ini, menurutnya, justru menjadi peluang untuk memahami keberagaman cara belajar siswa dan menyesuaikan metode pengajaran secara lebih fleksibel.

Safari Ramadhan: Lebih dari Sekadar Ritual, Menjadi Perjumpaan Profesional

Kegiatan Safari Ramadhan LP Maarif Kabupaten Malang kali ini tidak hanya menjadi ajang ibadah, tetapi juga wahana peningkatan profesionalisme bagi para guru. Dengan adanya sesi-sesi berbasis psikologi pembelajaran dan komunikasi memberdayakan, para pendidik mendapatkan wawasan baru tentang bagaimana membangun ekosistem belajar yang lebih sehat dan inovatif.

Dengan terobosan ini, Safari Ramadhan versi LP Maarif tidak lagi sekadar rutinitas tahunan, tetapi menjadi momentum bagi para guru untuk memperkaya diri dengan ilmu dan praktik yang lebih aplikatif. Melalui pendekatan psikologi pembelajaran, penguatan bimbingan, serta komunikasi yang lebih inklusif, diharapkan pendidikan di lingkungan Maarif semakin maju dan relevan dengan tantangan zaman.

  • Penulis: humaslp2

Rekomendasi Untuk Anda

  • Pemimpin Perubahan Positif

    Pemimpin Perubahan Positif

    • calendar_month Kamis, 20 Jul 2023
    • account_circle humaslp2
    • visibility 503
    • 0Komentar

    Oleh: Muhammad Masykur Izzy Baiquni “Meningkatkan berarti mengubah, jadi kesempurnaan terwujud karena perubahan berkelanjutan” Winston Churchill Hari ini saya media sosial di beberapa group WhatsApp dibanjiri dengan berbagai informasi ramainya banyak lembaga pendidikan yang tidak mendapatkan murid baru, baik dari tingkatan dasar sampai pada tingkatan atas. Pertanyaan selanjutnya bagaimana dengan Lembaga Pendidikan Islam seperti madrasah […]

  • Ekosistem Kemandirian Lembaga Non Profit

    Ekosistem Kemandirian Lembaga Non Profit

    • calendar_month Selasa, 28 Okt 2025
    • account_circle Muhammad Masykur Izzy Baiquni
    • visibility 326
    • 0Komentar

    Prof. Amka. Selasa, 28 Oktober 2025 LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang. Seringkali kita mendapati pernyataan “kita harus menjadi orang yang mandiri”, sebenarnya apakah sebenarnya mandiri itu? Menurut kamus besar bahasa Indonesia, secara umum, mandiri berarti seseorang yang dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada orang lain, atau bisa juga mandiri Adalah tekad untuk bekerja keras demi […]

  • Maarif Day 2025 “Transformasi Aswaja: Tangguh Jiwa, Raga, Rasa, dan Pikir”

    Maarif Day 2025 “Transformasi Aswaja: Tangguh Jiwa, Raga, Rasa, dan Pikir”

    • calendar_month Senin, 8 Sep 2025
    • account_circle humaslp2
    • visibility 634
    • 0Komentar

    Senin, 08 September 2025 LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang Ma’arif Day Tahun 2025 merupakan perayaan tahunan yang diselenggarakan oleh LP.Maarif PCNU kabupaten dalam rangka memperingati Hari lahirnya. Tahun ini telah memasuki peringatan yang ke-96 tahun. Momentum ini tidak sekadar menjadi ajang seremonial, tetapi juga menjadi wahana strategis untuk menegaskan komitmen LP Ma’arif NU dalam membangun […]

  • Semangat Menggapai Berkah Al-Quran Pasca Ujian: 70 Siswa MTs PIQ Studi Ilmu ke Krapyak, Termotivasi kisah kegigihan dan kecintaan terhadap Al Quran Sang Pendiri dalam bentuk riyadhoh qurani!

    Semangat Menggapai Berkah Al-Quran Pasca Ujian: 70 Siswa MTs PIQ Studi Ilmu ke Krapyak, Termotivasi kisah kegigihan dan kecintaan terhadap Al Quran Sang Pendiri dalam bentuk riyadhoh qurani!

    • calendar_month Selasa, 6 Mei 2025
    • account_circle humaslp2
    • visibility 732
    • 0Komentar

    Rabu, 07 Mei 2025 LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang Yogyakarta – Setelah berjibaku dengan Ujian Madrasah (UM), 70 siswa kelas 9 Madrasah Tsanawiyah Pendidikan Ilmu Al Quran (MTs PIQ) Singosari, Malang, memilih langkah inspiratif untuk mengisi waktu pasca ujian. Mereka melakukan studi kunjungan yang sarat makna ke Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta pada hari Selasa, […]

  • <strong>Sinergi Erat Kemenag dan LP Ma’arif NU Kabupaten Malang</strong>

    Sinergi Erat Kemenag dan LP Ma’arif NU Kabupaten Malang

    • calendar_month Rabu, 1 Mar 2023
    • account_circle humaslp2
    • visibility 404
    • 0Komentar

    Muhammad Masykur Izzy Baiquni, Rabu 1 Maret 2023 LP Ma’arif NU Kabupaten Malang. Selasa (28/02/2023) Aula Yayasan Babussalam dipenuhi oleh para guru Sub Rayon 56 MTsN 6 Malang. Aula tersebut menjadi tempat pendampingan dan pembinaan guru dalam Kegiatan Workshop Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Tentang Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Penyusunan Modul Ajar di MTs Babussalam […]

  • Kecerdasan Buatan, Kebutuhan atau Keharusan?

    Kecerdasan Buatan, Kebutuhan atau Keharusan?

    • calendar_month Minggu, 16 Mar 2025
    • account_circle humaslp2
    • visibility 1.166
    • 0Komentar

    Oleh: Izzy. Minggu 16 Maret 2025 “Kehidupan adalah perubahan yang alami dan spontan. Jangan menolaknya, karena akan menimbulkan kesedihan. Biarlah sesuai dengan kenyataan. Biarkan mengalir secara natural, berjalan seperti apa adanya.” Lao Tzu Guru-guru mulai berdatangan bersamaan saya dan Muhammad Nur Hasyim M.Pd. memasuki halaman MI Al Islah Sumbersuko Wagir. Rencananya Sabtu 15 Maret 2025 […]

expand_less