Google Drive Media Pengarsipan Data Sekolah di Era Digitalisasi

Google Drive Media Pengarsipan Data Sekolah di Era Digitalisasi

Mei Linda Puspita Sari, Resa Damastuti dan Kuntum Khairah Ummah. Jumat, 07 Juli 2023

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.

Malang, 04 Juli 2023 – Era globalisasi saat ini menciptakan fase Transformasi digital salah satunya ialah perkembang teknologi pada dunia pendidikan. Salah satu bentuk perkembangan teknologi informasi ialah pada sistem pengarsipan di era modern ini. Di era modern seperti sekarang ini, metode pengarsipan membutuhkan pembaruan dalam hal pengelolaan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Salah satu pembaruan tersebut yaitu melalui cara digitalisasi. Digitalisasi arsip adalah perubahan bentuk arsip konvensional ke dalam bentuk elektronik atau digital.

Merespon hal itu Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim Malang bekerjasama dengan PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang mengadakan seminar serta pelatihan bagi guru-guru pengajar yang berada di bawah Naungan LP Ma’arif. Kegiatan yang diadakan di MTs NU

Foto: Guru-guru peserta pelatihan

Futuhiyyah Donomulyo diikuti sekitar 40 peserta yang merupakan pengajar serta staff pendidikan mengusung tema “Seminar dan Pelatihan Penggunaan Google Drive sebagai Media pengarsipan data di Era Digitalisasi” di mulai pada pukul 14.00-16.00 WIB.

Hadir selaku Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I. dan juga merupakan salah satu dosen Pascasarjana Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim Malang. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan besar agar dunia pendidikan khususnya yang berada di bawah naungan PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang bisa merespon tantangan global dengan baik melalui kecakapan s erta kefasihan dalam menggunakan teknologi yang ada pada masa kini. Pemateri dalam kegiatan ini adalah tiga mahasiswi Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yaitu Mei Linda Puspita Sari, S.Ud, Resa Damastuti, S.Pd dan Kuntum Khairah Ummah, S.Pd.

Foto: Ketua LP Ma’arif memberikan sambutan

Dr. M. Fahim Tharaba, M.Pd selaku Kaprodi Magister Manajemen Pendidikan islam menyampaikan apresesiasi yang luar biasa atas keberlangsungaan kegiatan ini, beliau berpesan agar mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim Malang harus selalu menebarkan manfaat untuk ummat sebagai jariyah dunia dan akhirat. Besar harapan agar kegiatan ini rutin diagendakan agar mampu menjadi salah satu metode pembelajaran yang mendukung kualitas mutu pendidikan.

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang terus berupaya untuk memberikan program-program terbaik untuk peningkatan kualitas di berbagai lembaga sekolah dan madrasah di bawah naungan LP Ma’arif NU kabupaten Malang, Motto sinergi, manfaati dan mbarokahi terus digelorakan dengan perwujudan berbagai program.

Editor: Izzy