Bedah Buku Quality Enterpreneur, Menuju Keemasan Ma’arif

humaslp2 weeks agoBerita, Learning, Pendidikan
Muhammad Masykur Izzy Baiquni, Jumat 09 September 2022

Bedah Buku Quality Enterpreneur, Menuju Keemasan Ma’arif

“Mutu tidak hanya dijamin dengan siklus Quality Assurance dengan PDCA, tetapi harus dengan Quality Enterpreneur sesuai siklus PDCAIC, Plan, Do, Check, Action, Innovation, dan Creation” serak suara Pak Dr. Hamka memecah perhatian hadirin diikuti dengan sorotan wajah yang semakin konsentrasi dari para peserta yang memadati gedung Perpustakaan UIN Malang pada hari Rabu (7/09/2022).

Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang “dikomandani” oleh Mufid, S.Ag.,S.S., M.Hum. mengadakan Pekan Kunjungan Perpustakaan selama dua pekan. Dimulai dari tanggal 1-14 September 2022 dengan berbagai macam kegiatan spektakuler. diantaranya adalah lomba menulis, baca kitab, bazar, bedah buku buku best seller serta beberapa kegiatan lain.

Bedah buku kali ini membedah Buku Quality Assurance Becoming Quality Enterpreneur karya monumental dari Ketua LP Ma’arif Kabupaten Malang Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah,M.Pd.I. yang menjadi salah satu best seller dan rujukan pegembangan lembaga pendidikan. Tidak tanggung-tanggung kolaborasi ini menghadirkan tokoh lintas Universitas, mulai dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Brawijaya, IAI Al Qolam, Intrans Publisher, dan LP Ma’arif Kabupaten Malang.

Para peserta pun juga tidak tanggung tanggung, hadir mahasiswa memadati acara dari Pascasarjana UIN Malang, Mahasiswa dari Universitas Brawijaya, Mahasiswa Universitas Negeri Malang, Mahasiswa Institut Agama Islam Al Qolam Malang, dan dari kampus pusat UIN Maulana Malik Ibrahim lintas program studi. serta bazar buku dari Intrans Publisher.

Suasana semakin menarik ketika moderator Izzy Baiquni mengenalkan nara sumber pertama dilanjutkan Pembaca Buku Dr. Abdul Qodir Muslim, M.Pd. dari Universitas Brawijaya Malang. Pakar administrasi pendidikan ini menyampaikan isi buku dengan renyah dan jelas. “Buku ini mengingatkan saya kepada sebuah buku karya mantan presiden RI Bapak Habibie, menarik sekali dan sangat bagus”. ujar mahasiswa yang pernah menjadi lulusan terbaik UIN Malang ini.

Tidak hanya diskusi menarik dengan pertanyaan yang cerdas dari para peserta, panitia menyediakan beragam door prize yang menarik membuat peserta makin semangat berdiskusi dengan pemateri, dan salaing bergantian pemateri gamblang menguraikan tentang mutu pendidikan.

sebagai penutup, Izzy memacakan catatan simpulan kecil dari buku yang dibedah “Bila ingin melihat mutu secara utuh, harus melihat kriteria, kepuasan pelanggan dan perbaikan berkelanjutan. Organisasi mandiri menciptakan jaringan dan saling membutuhkan. Sinergi antar organisasi dan memberikan dukungan kepada SDM untuk penugasan berbasis inovasi mutlak diperlukan.”

“Kepemimpinan adalah salah satu faktor suksesnya organisasi untuk menjaga utu berkelanjutan. Seorang pemimpin yang visioner akan selalu berbicara di mana saja dan kapan saja soal organisasi yang akan dia bawa ke puncak keemasan sesuai cita-citanya” tutup Izzy diikuti oleh riuh renyah tepuk tangan peserta yang hadir.

(mzizzybq)

Bedah Buku Quality Enterpreneur, Menuju Keemasan Ma’arif
Bedah Buku Quality Enterpreneur, Menuju Keemasan Ma’arif
Bedah Buku Quality Enterpreneur, Menuju Keemasan Ma’arif

Post Comment