Al Ihsan Turen Menuju Pendidikan Semakin Berkualitas  

Al Ihsan Turen Menuju Pendidikan Semakin Berkualitas  

Muhammad Masykur Izzy Baiquni. Jum’at 5 Mei 2023.

LP Ma’arif Kabupaten Malang.

Lebih dari 800 orang memadati halaman Yayasan Al Ihsan Turen. Mereka hadir untuk mengikuti halal bi halal, haul akbar K.H. Ma’sum Ihsan ke-14, haul perintis Yayasan Al Ihsan serta dewan guru yang telah wafat, dan reuni alumni Al Ihsan Turen pada hari Senin (1/5/2023). Para pengurus LP Ma’arif NU Kabupaten Malang hadir berpartisipasi diikuti oleh pengurus maa’rif kortan Kecamatan Turen.

Halal bi Halal, haul, dan Reuni Alumni

Bertajuk Haul ke-14 K.H. Ma’sum Ihsan pendiri dan pengasuh Yayasan Al Ihsan, Haul para Perintis dan Guru-Guru Al Ihsan, Serta Reuni Alumni dan Santri Al Ihsan Lintas Angkatan “Ngalap Barokahe Guru dan Fadhilahe Silaturrahim.”

Dipimpin langsung oleh H. Muh. Shonhaji sebagai ketua yayasan, serta Ali Musyafa’, S.Pd.I., menjabat ketua panitia, Acara terlaksana dengan sangat meriah. Yayasan yang berdiri resmi tahun 1993 ini dirintis oleh K.H. Ma’sum Ihsan, H. Abd. Manan, Saichul BA, M. Munir, Munari, dan beberapa tokoh lainnya. Namun, rintisan awal sudah dirintis sejak lama. Menurut sumber yang terpercaya, lembaga yang pertama didirikan adalah MI Al Ihsan tahun  1973, MTs. Al Ihsan tahun 1981, PAUD Tahun 2016, dan LP Ma’arif Kabupaten Malang hadir untuk mensupport rencana berdirinya MA Al Ihsan tahun 2023.

Diawali dengan sambutan-sambutan dan istighosah, Yayasan Al Ihsan mengundang para pengurus LP Ma’arif Kabupaten Malang untuk mengisi kegiatan. Dr. K.H. Faris Khoirul Anam, Lc., M.H.I tokoh aswaja LP Ma’arif  mengisi tausiyah dengan sangat antusias sehingga tidak terasa para undangan menyimak hingga selesai meski mendung menaungi wilayah Turen. Tokoh yang sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Darul Faqih Malang tersebut memberikan penguatan Aswaja dikemas dengan bahasa yang sederhana dan lugas.

Sarasehan Mutu Pendidikan

Acara dikonsep dalam dua sesi. Setelah pelaksanaan halal bi halal, reuni, dan haul para tokoh yayasan Al Ihsan Turen, acara selanjutnya adalah Sarasehan Mutu Pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Al Ihsan sekaligus diskusi persiapan menyambut berdirinya MA Al Ihsan.

Bertempat di area Masjid yang megah tersebut. Para pengurus yayasan dan guru dari semua jenjang berkumpul untuk mengikuti sarasehan, waktu yang mulai menjelang sore tidak menyurutkan semangat mereka untuk terus maju meningkatkan kualitas. Sambutan dari Ketua LP Ma’arif disampaikan oleh Sekjen Muhammad Nur Hasyim, M.Pd., mewakili ketua yang sedang dalam masa pemulihan kesehatan.

Mengisi Sarasehan mengenai mutu pendidikan, Izzy memaparkan beberapa hal yang penting dan perlu diberikan penguatan untuk meningkatkan kualitas mutu menjadi madrasah pilihan masyarakat. Diskusi yang intens menjadikan sarasehan ini lebih komunikatif dan interaktif hingga  memasuki waktu Ashar.

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang untuk terus berusaha memberikan pelayanan kepada semua madrasah. LP Ma’arif NU Kabupaten Malang sangat membutuhkan kerja sama, komunikasi dan kolaborasi yang baik dari madrasah-madrasah atau sekolah-sekolah. Sebab LP Ma’arif hadir untuk menjadi bagian dari kemajuan lembaga pendidikan.

Post Comment