Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif Kabupaten Malang Makin Eksis

Muhammad Masykur Izzy Baiquni, Jumat 20 Januari 2023

Sako Maarif Kab. malang

LP Ma’arif Kabupaten Malang.

Satuan komunitas Pramuka Maarif NU Kabupaten Malang menggelar rapat kerja (raker) tahunan sebagai bentuk komitmen menjalankan roda keorganisasian yang diamanahkan dalam periode ini. Tahun ini, Raker dibuka langsung oleh Ketua Majelis Pembimbing Sako Pramuka Maarif NU Kabupaten Malang Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I.,  di Aula Utama Kantor PC LP Maarif NU Kebon Agung Pakisaji Kabupaten Malang, Sabtu (14/1/2023).

Raker Sako

Selain 14 pengurus, turut hadir pula Pelatih Senior Pramuka Kabupaten Malang dalam rapat kerja ini yaitu Kak Bing Tukirin sebagai bentuk dukungan dalam kegiatan Sako Pramuka Maarif NU kedepan.

“Raker ini sangat bagus, PC LP Ma’arif sangat mendukung. Di NU ini namanya khidmah, yang namanya khidmah harus siap berjuang berkorban untuk keberlangsungan organisasi, termasuk Sako Pramuka Ma’arif NU ini, Kakak-kakak harus semangat bergiat, karena dari keaktifan beberapa pengurus akan menentukan keexisan sako, akan menggaungkan nama sako dan yang pasti  hal ini juga akan mengembangkan PC LP maarif sendiri,” kata Dr. Amka.

Ia berharap sako pramuka Ma’arif NU Kabupaten Malang ini bisa eksis, istiqomah dan berkembang agar menjadi inspirasi bagi pramuka ma’arif dalam hal peningkatan kualitas potensi pembina dan peserta didik di lingkungan pendidikan maarif di Kabupaten Malang.

Pihaknya meminta Sako Pramuka Ma’arif NU  terus mewarnai dan membawa nama Kabupaten Malang di tingkat Jawa Timur maupun maupun nasional melalui kegiatan-kegiatan yang postif dan prestasi.

Sementara itu, Ketua Sako Pramuka Ma’arif NU Kabupaten Malang Ribut Iswanto, M.Pd. menjelaskan pesertar Raker ini, yaitu Pimpinan atau Pengurus Sako Pramuka Ma’arif NU Kabupaten Malang, koordinator kecamatan (Kortan) Sako dan Pelatih di lingkungan LP Ma’arif Kabupaten.

“Kita mengundang jajaran pengurus sako pramuka ma’arif NU kabupaten Malang dan koordinator sako kecamatan yang sudah terbentuk serta para pelatih kabupaten Malang yang tergabung dalam forum silaturrohim pelatih Maarif jawa timur,” ujarnya.

Ribut Iswanto selaku ketua sako mengungkapkan “Tidak banyak program kerja yang kita susun sedikit tapi bisa menjalankan itu yang penting. Raker tahun 2023 ini menghasilkan beberapa agenda di antaranya; Membentuk forum silaturrohim pelatih di lingkungan LP Ma’arif Kabupaten Malang dengan coordinator Pelatih senior yaitu Kak Bing Tukirin, lalu mengadakan Latihan kepemimpinan dan gladi tangguh bagi Pramuka penegak di lingkungan Maarif NU Kabupaten Malang, kemudian ada agenda Orientasi Mabi bagi Kepala sekolah/madrasah, KMD dan KML bagi para pembina, Kemah santri sebagai program tahunan sekaligus agenda Utama di Sako Pramuka Ma’arif NU kabupaten serta program pendelegasian baik event yang diadakan sako Jawa timur  atau Sako nasional diantaranya biasanya; Giat Santri NU, Jelajah Santri Jawa Timur dan  Juli 2023 rencana ada Perkemahan Penggalang Ma’arif Nasional yang ditempatkan di Jawa  Timur kita akan berusaha mengikuti event tersebut. Ujarnya.

Dalam Tahun 2023 ini kita ingin mencoba membuat agenda/program baru yaitu menyusun panduan buku yang berisi Rencana membina hal ini akan berguna bagi Pembina di lingkungan Maarif dalam bergiat di madrasah/sekolah untuk melatih peserta didik di gugus depannya. “Raker yang di gelar model sersan (serius tapi santai) dengan harapan semoga bisa terlaksana dengan baik dan di ridloi Allah SWT. Aamin.” Ujar Kak Ribut.

Penulis: Ribut

Penyunting: mzizzybq

Post Comment