Bekerja Berbasis Mutu, Bukan Berbasis Akreditasi

Bekerja Berbasis Mutu, Bukan Berbasis Akreditasi

Muhammad Masykur Izzy Baiquni, Kamis 29 Desember 2022

LP Ma’arif Kabupaten Malang.

“Lulusan Pondok Pesantren Al Qur’an Assa’idiyyah harus memiliki ciri khusus. Maka dari itu, perlu pengetahuan yang sangat luas untuk kita serap supaya PPAA lebih maju. Mudah-mudahan PPAA baik pendidik dan pengurus semakin memiliki kualitas dan kemampuan yang luar biasa” sambut KH Ali Musthofa bin KH. Ahmad Suyuthi Dahlan pengasuh PPAA memberikan sambutan di depan para audien.

                Pelatihan Total Quality Management yang menghadirkan Dr. H. Abdul malik Karim Amrullah,M.Pd.I., tokoh yang sudah lama malang melintang dalam penjaminan mutu. Di dalam kegiatan itu, seluruh guru mulai dari madrasah diniyah, SMP dan MA hadir di dalam aula yang bersih dan luas dengan ornament klasik tersebut. Dengan dibuka oleh kepala SMP Assai’diyyah, Rabu (28/12/2022).

“Bekerja berbasis mutu bukan berbasis akreditasi akan lebih efektif memperlihatkan kesehatan organisasi, Lembaga ini harus berbasis mutu bukan berbasis akreditasi” Ujar Dr. H. Amka menyapa audiens. “Apakah itu mutu? Ada yang tahu?” Tanya beliau sambil melempar pertanyaan.

Pelatihan TQM berlangsung mulai pukul 08:30 dan berakhir setelah banyak Tanya jawab berdiskusi dan praktik yang dilakukan oleh para guru hingga pukul 12:35 wib. Dan tidak tanggung-tanggung, Gus Ali sapaan akrab KH. Ali Musthofa, hadir menemani dan terus memberikan semangat kepada para guru.

Dr. Amka menjelaskan pengetahuan tentang standar kriteria, kepuasan pelanggan, dan perbaikan berkelanjutan sebagai dasar pijakan pengembangan mutu. Pelatihan ini tidak hanya berbasis pengetahuan saja, namun sampai kepada praktik contoh kriteria standar yang akan disiapkan oleh para pendidik. Setiap guru diminta untuk membuat standar kriteria yang akan dipakai lembaga sesuai dengan mata pelajaran masing-masing.

“Kecepatan teknologi dengan berbagai perubahan, sangat memengaruhi kemajuan pendidikan. Lembaga harus terus digerakkan dengan menambah keunggulan-keunggulan lainnya, dengan begini kita akan memiliki ciri khusus” paparnya.

Pesantren Al-Qur’an Assa’idiyyah memiliki visi melahirkan generasi Qur’ani yang berkualitas, berkarakter, agamis, berjiwa sosial, berakhlaqul karimah dan berdasarkan aqidah ahlu sunnah waljamaah. Pesantren ini memiliki ares yang cukup luas dan terletak di jalan Lingkar Barat Kepanjen Malang. Suasana bersih dan asri ketika Izzy memasuki area ini.

(mzizzybq)

Rabu 28 desember 2022

Post Comment