Pengembangan Mutu Melalui Media Pembelajaran Aplikasi Kipin School 4.0 se MWC Ma’arif Lawang di SDI NU Lawang

Pengembangan Mutu Melalui Media Pembelajaran Aplikasi Kipin School 4.0 se MWC Ma’arif Lawang di SDI NU Lawang

Muhammad Fajar Fatihatur Rizki, Lukman Sholeh, Shabrina Ratu Alam S. Jum’at, 16 Juni 2023

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang

Malang, (15/6/2023), Kian hari persaingan di dunia industri kian ketat. Hal ini salah satunya dilatarbelakangi dengan perkembangan industri yang sudah memasuki revolusi industri 4.0. Menanggapi hal tersebut, kualitas sumber daya manusia perlu ditingkatkan melalui usaha peningkatan kualitas pendidikan.

PC LP Ma’arif NU Kab. Malang dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang berkolaborasi mengadakan kegiatan program pengembangan untuk Guru-Guru di bawah naungan MWC Ma’arif NU Kec. Lawang dengan tema bimbingan dan pelatihan “Metode Pembelajaran Berbasis Kipin School 4.0” yang bertempat di SDI NU, Kecamatan Lawang Kabupaten Malang.

Pelatihan ini dibawakan oleh para Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan dibuka oleh Bapak Dr. Abdul Karim Amrullah, M.Pd., atau biasa disapa dengan Bapak Hamka selaku dosen Pengampu Mata Kuliah Manajemen Mutu Pendidikan dan Ketua LP Ma’arif NU Kab. Malang.

Dalam bimlat yang diadakan oleh LP Ma’arif NU Kab. Malang pada hari Kamis (15/6/2023) di Aula SDI NU Lawang, Bapak Hamka menjelaskan bahwa pentingnya memahami digital untuk menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah. Beliau menyampaikan tiga hal yang harus diubah dari sisi pendidikan, sebab dalam menghadapi revolusi industri bukanlah perkara yang mudah. Oleh karena itu, perubahan metode pembelajaran adalah suatu keharusan yang sangat diperlukan. Perubahan pertama yang paling fundamental adalah merubah pola pikir dan sifat anak-anak masa kini. Kedua, bakat seorang anak haruslah dapat dikembangkan dan diasah dengan batuan sekolah. Ketiga, diperlukan adanya perubahan model pembelajaran yang lebih cocok untuk kebutuhan saat ini. Di samping itu penggunaan aplikasi Kipin School 4.0 ini sangat tepat karena di dalamnya memuat model pembelajaran dari Kurikulum PJJ, Kurikulum

2013 hingga Kurikulum Merdeka yang mana semuanya dapat diakses oleh guru sebagai bahan refrensi guna menerapkan model pembelajaran di kelas.

Pelatihan ini diikuti oleh guru-guru sekolah dan madrasah di bawah naungan LP Ma’arif NU Kab. Malang. Mereka belajar bagaimana menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan di kelas sehingga murid dapat berkolaborasi seperti harapan pada Kurikulum Merdeka dengan lebih menekankan pada aspek psikomotorik anak dengan jenis pembelajaran based learning. Cara penggunaan aplikasi ini pun cukup mudah dan terbukti dari 76 peserta yang terdiri dari berbagai macam usia semuanya bisa mengakses aplikasi ini dan menerapkannya dalam pembelajaran di kelas setelah mengikuti kegiatan bimlat ini. Aplikasi Kipin School 4.0 adalah aplikasi gratis yang menyediakan berbagai macam refrensi model pembelajaran dan dapat digunakan baik oleh guru, siswa, bahkan orang tua.

Dalam pelatihan ini, para guru diajarkan cara membuat model pembelajaran yang menarik dan interaktif dengan menggunakan fitur-fitur Kipin School 4.0, penggunaan gambar dan video, serta integrasi dengan aplikasi Google lainnya seperti Google Drive dan Google Forms. Para peserta pelatihan juga diberikan pengetahuan tentang cara mengoptimalkan penggunaan Kipin School 4.0 sebagai media pembelajaran interaktif, seperti membuat tugas dan kuis online sampai mempublish web tersebut kepada peserta didik.

Bapak Suhadi, salah satu peserta pelatihan, menyatakan kegembiraannya atas kegiatan pelatihan ini. “Saya sangat senang bisa belajar tentang Kipin School 4.0 dan bagaimana saya dapat menggunakannya sebagai model pembelajaran, Alhamdulillah bisa menambah pengetahuan dan saya yakin ini akan membantu saya dalam mengajarkan materi kepada peserta didik dengan cara yang lebih menarik dan interaktif,” ujar Bapak Suhadi.

Sementara itu, Bapak Hamka juga menyatakan harapannya bahwa pelatihan ini akan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan keterampilan digital para guru sekolah dan madrasah guna menghadapi arus globalisasi dengan cara meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah/ Madrasah di bawah naungan LP Ma’arif NU Malang.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para guru dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah/madrasah pada umumnya dan sekolah/madrasah NU Malang khususnya.

Post Comment