Forum KKG Kelas 6 MI Pakis Berfikir Tingkat Tinggi

Forum KKG Kelas 6 MI Pakis Berfikir Tingkat Tinggi

Muhammad Masykur Izzy Baiquni. Senin 28 November 2022

LP Ma’arif Kabupaten Malang.

26 Nov 2022, bersama forum KKG Kelas 6 MI Kecamatan Pakis Ketua LP Maarif NU Kabupaten Malang menjelaskan bagaimana menyusun soal HOTS atau berfikir tingkat tinggi. Berfikir tingkat tinggi adalah kemampuan berfikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite).

Dr. Amka menjelaskan konsep HOTS di Pakis

Konsep HOTS mengukur kemampuan siswa transfer satu konsep ke konsep lainnya, menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah, serta menelaah ide dan informasi secara kritis.

Dalam domain Taksonomi Bloom berfikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) masuk cognitif level 4 (analisis), level 5 (evaluasi) serta, level 6 (mencipta). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara sederhana di MI Hayatul Islamiyah Pakis dimana kepala madrasahnya ibu Salamah, sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Kepala MI Hayatul Islamiyah ini juga merencanakan kegiatan pembinaan bersama LP Maarif NU Kab. Malang terkait dengan Manajemen Madrasah Inklusi, dimana MI Hayatul Islamiyah memang sangat fokus pada anak berkebutuhan khusus dan sudah mendapat SK dari Kementerian Agama sebagai Madrasah Inklusi.

Penulis: Dr. Amka, M.Pd.I.

Post Comment