395 SISWA SMK NUSA SUKSES BELAJAR SIAP BEKERJA

395 SISWA SMK NUSA SUKSES BELAJAR SIAP BEKERJA

Wahid Khoiruddin, S.Pd. Sabtu, 3 Juni 2023

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.

Suasana riuh penuh kegembiraan dan haru tengah mewarnai pelepasan peserta didik sebanyak 395 kelas XII dalam Purnawiyata angkatan ke-15 SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo di Jl. Raya Subandi, Robyong, Wonomulyo, Kec. Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu Kliwon (03/6/2023).

Kepala SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo atau dikenal SMK NUSA, Abdul Mujib Syadzily menyampaikan, “Sebanyak 395 peserta didik menjadi purnawiyata angkatan ke-15 terdiri dari enam jurusan, yaitu ; Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), dan Asisten Keperawatan (ASKEP)”

“Alhamdulillah, kita sangat bersyukur atas Purnawiyata tahun ini, karena sangat berbeda. Peserta didik belajar dikala pendemi Corona melanda sehingga kegiatan KBM dilaksanakan secara daring dan wabah dinyatakan telah usai sehingga anak -anak kembali belajar sebagaimana sebelum ada Corona. Tetap semangat belajar dengan berbagai metode sehingga mereka bisa tuntas dan lulus”. Lanjut kepala SMK NUSA yang akrab dipanggil Gus Mujib, “Sebagaimana program SMK, maka tujuan alumni adalah dapat bekerja sesuai dengan jurusan masing-masing, tak luput pula bagi yang ingin melanjutkan pada perguruan tinggi atau kuliah juga menjadi pilihan para lulusan dan SMK sangat support karena beberapa alumni jurusan asisten keperawatan telah ada yang diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, selain bekerja pada dunia usaha dan dunia industri para alumni juga diharapkan bisa menciptakan pekerjaan atau berwirausaha”.

“Setelah lulus para alumni supaya tetap terhubung dengan SMK dimana pun dan kapanpun karena keberadaan SMK berkeinginan para alumni menjadi sukses,” Pesan Gus Mujib kepada segenap wisudawan dan wisudawati.

Pada forum purnawiyata juga diinformasikan oleh Gus Mujib atas prestasi dari delegasi SMK NUSA yang telah meraih 2 medali emas pada event Porseni tingkat Provinsi yang diselenggarakan PBNU di Jawa Tengah pada Januari 2023. Serta persiapan menyongsong world skill tahun 2023 di Korea Selatan, SMK NUSA manjadi sekolah vokasi yang akan menjadi delegasi dari negara Indonesia pada ajang bergengsi tersebut dengan mengirimkan 2 delegasi siswa terbaiknya.

Suasana purnawiyata siswa SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo angkatan ke-15 sangat khidmat, prosesi wisuda ditandai dengan pengalungan medali dan pemberian buku ijazah kepada ke-395 peserta didik. Peserta didik dipanggil satu-persatu untuk naik ke atas panggung. Dan yang ada moment paling mengharukan adalah ada salah satu peserta purnawiyata dengan keterbatasan fisik ikut pada prosesi tersebut, tentunya belajar selama 3 tahun tidak menghalangi keinginan hingga tuntas mengasah skill di sekolah vokasi di SMK Nahdlatul Ulama Sunan Ampel Poncokusumo yang menjadi anggota dari satuan pendidikan vokasi dibawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kab Malang.

Sementara perwakilan wali wisudawan-wisudawati Bapak Ahmad, mengungkap banyak terima kasih kepada kepala SMK dan Bapak Ibu Guru, “Anak anak berakhkaq baik, berharap anak-anak terus mengedepankan akhlak di mana pun nanti berada. Terima kasih Gus Mujib, para Guru telah menjadikan anak saya dan anak para orang tua yang lain menjadi lebih baik, sopan dan berpikir dewasa”

Perwakilan purnawiyata, Intan Nuraini dari prodi Asisten Keperawatan mengungkapkan, “Badan boleh lelah, mata boleh basah, hati jangan putus asa. Terus maju dan berbuat yang terbaik sesuai keahlian kita masing-masing. Selalu jaga nama baik almamater dimana pun dan kapanpun, mari tetap jaga perilaku akhlak, untuk nama besar sekolah kita SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo.”

Penulis : Abd. Wahid Khoiruddin

Post Comment