LP Ma’arif Bersama UIN Maliki Gelar Pelatihan Google Site

LP Ma’arif Bersama UIN Maliki Gelar Pelatihan Google Site

Maulidia, S.Pd. Senin, 22 Mei 2023

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.

Sabtu (20/5/2023), LP Ma’arif NU Kabupaten Malang, dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di Indonesia khususnya di Jawa Timur, PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang berkolaborasi mengadakan kegiatan program pengembangan untuk Guru-Guru Madrasah dengan tema seminar dan pelatihan “Pembuatan Website Media Pembelajaran Interaktif dengan Google Site” yang bertempat di MINU Al Istiqamah, Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang.

Pelatihan ini dibawakan oleh para Mahasiswa Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan dibuka oleh Bapak Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I., atau biasa disapa dengan Bapak Hamka selaku dosen Pengampu Mata Kuliah Manajemen Mutu Pendidikan dan Ketua LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.

Dalam kesempatan ini Bapak Hamka menjelaskan bahwa pentingnya memahami digital untuk menunjang kegiatan pembelajaran di Madrasah dan sebagai wadah promosi kegiatan madrasah, mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi semua aspek kehidupan tak terkecuali aspek pendidikan. Tentu para guru dituntut untuk meng-upgrade diri khususnya pada kemampuan mengelola digital. Google Site sebagai tawaran media pembelajaran berbasis website pribadi maupun kelompok yang sangat mudah digunakan dan memiliki segudang manfaat karena memberikan informasi pembelajaran dengan cepat dan bisa diakses di manapun dan kapanpun.

Pelatihan ini diikuti oleh guru-guru madrasah di bawah naungan LP Ma’arif NU Kabupaten Malang. Mereka belajar cara membuat situs web media pembelajaran yang menarik dan interaktif menggunakan platform Google Site. Google Site adalah platform yang digunakan untuk membuat situs web dengan mudah dan cepat tanpa perlu pengetahuan teknis yang mendalam.

Dalam pelatihan ini, para guru diajarkan cara membuat situs web media pembelajaran yang menarik dan interaktif dengan menggunakan fitur-fitur Google Site seperti pengaturan tata letak, penggunaan gambar dan video, serta integrasi dengan aplikasi Google lainnya seperti Google Drive dan Google Forms. Para peserta pelatihan juga diberikan pengetahuan tentang cara mengoptimalkan penggunaan Google Site sebagai media pembelajaran interaktif, seperti membuat tugas dan kuis online sampai mempublish web tersebut kepada peserta didik.

Bapak Jamil, salah satu peserta pelatihan, menyatakan kegembiraannya atas kegiatan pelatihan ini. “Saya sangat senang bisa belajar tentang Google Site dan bagaimana saya dapat menggunakannya sebagai media pembelajaran, Alhamdulillah bisa menambah pengetahuan dan saya yakin ini akan membantu saya dalam mengajarkan materi kepada peserta didik dengan cara yang lebih menarik dan interaktif,” ujar Bapak Jamil. Beliau juga menanyakan kapan LP Ma’arif NU mengadakan kembali pelatihan lainnya.

Sementara itu, Bapak Hamka juga menyatakan harapannya bahwa pelatihan ini akan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan keterampilan digital para guru Madrasah dan meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah-madrasah NU Malang.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para guru dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah-Madrasah NU Malang.

Penyunting: Mz

Post Comment