KEGIGIHAN ITU

KEGIGIHAN ITU

Oleh: Muhammad Masykur Izzy Baiquni

“Kegigihan adalah sifat keras kepala yang punya tujuan”-Rich Devoss

Speech Contest di Malang City Point 18 Februari 2023 kemarin sangat menarik. Saya menjadi juri dari para kontestan yang berjuang untuk menjadi yang terbaik. Acara yang dipelopori oleh Jawa Pos dan LP Ma’arif NU Kabupaten Malang ini menyedot peserta hingga ke beberapa kabupaten lainnya.

Setiap peserta menampilkan yang terbaik yang mereka bisa. Dengan menggunakan kostum terbaik, teknik terbaik dan penampilan terbaik. Sesuatu yang sangat terlihat bagi saya ketika mereka tampil adalah kegigihan mereka untuk menjadi yang terbaik. Ya, berusaha dengan gigih, berlatih dengan gigih untuk menjadi yang terbaik.

Kegigihan berlatih dan berkarya tentunya bukan hal yang mudah. Sebab dalam realitanya ketika kita memperjuangkan sesuatu akan banyak menemui penolakan-penolakan. Orang yang gigih akan terus berusaha meski sering ditolak.

Saya jadi teringat dengan beberapa kisah tokoh hebat yang gigih untuk terus berkarya. JK Rowling sang penulis novel Harry Potter, 12 penerbit menolak karya itu hingga Bloomsbury Publishing (Britania Raya) mau menerbitkan karya karya JK Rowling. Hal tersebut membuat Novel Harry Potter and the Deathly Hallow menjadi satu-satuya buku yang jumlah cetakan awal terbesar dalam sejarah. Kesuksesan tersebut kemudian diikuti dengan Fantastic Beasts and Where to Find Them, Quidditch Through the Ages, The Tales of Beedle the Bard, Harry Potter and Cursed Child, Short Stories from Hogwarts of Power, Politics and Pesky Poltergeist, dan masih banyak lagi lainnya.

Charles Dickens dalam sejarah hidupnya mengajarkan juga bahwa bakat saja tidak cukup tanpa sebuah kegigihan, Charles Dicken juga menjadi penulis sangat popular dalam sejarah Inggris, karya karyanya seperti Sketches by Boz, The Pickwick Papers dan Oliver Twist menjadi karya yang sangat dikenal. Apa yang membuat berbeda? Kegigihannya!

Walt Disney pernah ditolak 301 bank ketika mengajukan pinjaman sebelum akhirnya sebuah bank menyetujui kreditnya. Dan dari uang pinjaman tersebut, Walt Disney mendirikan Disneyland, sebuah taman raksasa pertama di era modern dan terkenal dalam sejarah.

Sebuah ucapan yang sangat luar biasa menurut saya dari seorang panglima Perang. Hannibal, panglima bangsa Kartago dengan sangat gigih mengobarkan semangat pasukannya selama Perang Punisia II. Ia membawa pasukannya ke Pegunungan Alpen untuk mengalahkan Romawi yang terkenal sangat hebat. Hannibal berkata “Kami akan menemukan jalan atau kami akan membuat jalan sendiri.”

Kegigihan lebih dari sekedar mencoba, karena kegigihan mengharuskan kita menyatukan diri kita secara emosional, intelektual, fisik, dan spiritual kepada sebuah ide atau tugas atau tujuan yang harus kita selesaikan. Kegigihan menuntut banyak hal kepada diri kita, tetapi kegigihan memberikan kita investasi diri untuk masa depan. Disaat kita lelah, kegigihan sangat dibutuhkan.

Saya pernah membaca bahwa penjelajah lautan dunia Christopher Columbus menghadapi kesulitan luar biasa ketika berlayar mencari rute Asia. Columbus dan para awak kapal diterjang badai, mengalami kelaparan dan kehilangan harta benda hingga menghadapi keputusasaan. Bahkan, awak kapalnya nyaris memberontak. Christopher Columbus tetap gigih dan selalu berkata “Hari ini kita berlayar.” Kegigihan Columbus membuahkan hasil, Columbus memang tidak menemukan rute singkat menuju Hindia yang kaya rempah-rempah, ia justru menemukan benua baru.

Kegigihan bukan persoalan bakat, tetapi persoalan waktu, kegigihan memberikan daya tahan untuk melaksanakan dan memperjuangkannya.

Wallahu a’lam

Mzizzybq; Sabtu 25 Februari 2023

Post Comment