Tim Visitasi PWNU “Visitasi di MTs. NU Pakis, Sangat Mengesankan!”

Tim Visitasi PWNU “Visitasi di MTs. NU Pakis, Sangat Mengesankan!”

Muhammad Masykur Izzy Baiquni, Kamis 22 desember 2022

Visitasi di MTs. NU Pakis sebagai MTs. di LP Ma’arif Kabupaten Malang

LP Ma’arif Kabupaten Malang.

Rabu (21/12/2022) MTs. NU Pakis Kabupaten Malang kedatangan tamu dari Provinsi Jawa Timur, yaitu Tim Visitasi Zona G PWNU Jawa Timur Award 2022. Tim ini sesungguhnya terdiri atas enam orang tokoh, namun yang bisa hadir adalah KH. Drs. Ahsanul Haq, M.Pd., Dr. Hj. Siti Nur Husnul, M.Kes., Hj. Maryam Bahaudin, SH., MH., dan dr. Tri Wahyu Sarwiyata, M.Kes.

Hadir dalam penyambutan itu antara lain H. Ode Saeni Al Idrus, Koordinator Bidang PCNU LP Ma’arif Kabupaten Malang, Wahid Khoiruddin, S.Pd. wakil sekretaris LP Ma’arif, dan beberapa tokoh PCNU lain bersama para guru dan peserta didik yang sangat semangat menyambut para tamu. Para peserta didik berbaris berjejer menyambut kedatangan tamu sepanjang jalan masuk MTs. NU. Tim Visitasi tidak melewatkan menikmati keindahan setiuap kelas yang penuh dengan sarana dan produk media-media pembelajaran.

Suasana Visitasi di MTs. NU Pakis

Sambutan pertama disampaikan oleh Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed selaku Ketua Lembaga Pendidikan Al Hidayat (TK Muslimat 04 Al Hidayat, MI Al Hidayat, MTs NU Pakis). Beliau menyampaikan tentang Visi LEPA, “Lepa memiliki visi penyelenggaraan pendidikan yang kredible, transformatif, dan berkomitmen Aswajannah (Ahlussunnah Wal Jam’ah Annahdliyah)” ujar beliau dengan penuh percaya diri.

Berikutnya aktivis LP Ma’arif sekaligus Kepala MTs NU Pakis, Dr. Najmah, S.Pd., M.Pd. mempresentasikan profil MTs NU Pakis sejak awal pendirian dan kisah-kisah sukses hingga saat ini “Suatu anugerah bisa masuk 3 besar Lembaga Pendidikan PWNU Jawa Timur Award 2022. Merasa dianggap NU dan benar-benar NU sesuai instrumen yang harus dipenuhi.” ujar aktivis LP Ma’arif Kabupaten malang ini.

Dokter Tri Wahyu Sarwiyata, M.Kes., dalam sambutannya sangat merasa terkesan dengan program MTs NU Pakis yang sangat bagus “Saya terkesan dengan tiga program yang disampaikan Kepala MTs NU Pakis yaitu: Pertama, Program Seratus Prestasi Setahun. Jumlah siswa 168, tapi program seratus prestasi setahun bisa terwujud. Dua, Bank Mini Madrasah bernama Danamats yang bisa menjadi pendamping pendanaan operasional madrasah jika sewaktu-waktu Dana BOS terlambat pencairannya dan juga bisa memberikan pinjaman tanpa bunga kepada guru-guru yang perlu dana untuk pembelian sepeda motor atau laptop. Tiga, MATsNUEPA PUBLISHING, penerbitan buku milik MTs NU Pakis yang telah menerbitkan 254 buku ber-ISBN dari Perpusnas dan bisa mendukung pendanaan operasional madrasah.”

Ketika diwawancarai oleh Izzy, Dr. Najmah menjelaskan bahwa visitasi PWNU Jawa Timur di lembaga LP Ma’arif Kabupaten Malang kualiatsnya sama seperti eperti visitasi akreditasi dari BAN S/M (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah). “Visitasi ini sangat bagus” ujarnya. Tim Vistasi secara langsung, profesional, kredible, dan detail mengecek secara langsung kebenaran data-data yang telah dikirim melalui email. ‘Ini akan menjadi pemicu semangat kami untuk lebih meningkatkan kualitas MTs. Nu Pakis” terang alumnus jurusan Bahasa Indonesia ini.

MTs. NU Pakis sebagai salah satu madrasah andalan LP Ma;arif Kabupaten Malang, selama ini telah mendapatkan berbagai penghargaan, baik tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional. visitasi ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan. Dampak secara khusus bagi MTs NU Pakis selanjutnya adalah makin termotivasi untuk mengembangkan program-program Ke-NU-an dalam pembelajaran maupun kegiatan ekstra kurikuler serta pengelolaan lembaga yang benar-benar NU.

Sementara itu, Dampak secara umum bagi LP Ma’arif Kabupaten Malang, bahwa madrasah atau sekolah di bawah bimbingan LP Ma’arif bisa menjadi pedoman, role model, dan pembeda dengan lembaga lainnya. sehingga ma’arif dengan berbagai aspek pengembangan akan terus berkarya membangun peradaban bangsa dan dunia. Tanpa melupakan kearifan lokal dan terus profesional dengan semangat sinergi, manfaati, dan mbarokahi.

penulis (mzizzybq)