PELAKSANAAN MARJAN DI MI ISLAMIYAH MALANG

PELAKSANAAN MARJAN DI MI ISLAMIYAH MALANG

Zuhairoh Al Mahfudhoh. Rabu, 13 Desember 2023

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.

Dalam rangka pelaksanaan tugas akhir mata kuliah Praktek Ketrampilan Mengajar (PKM), FITK UIN Malang melakukan kolaborasi dengan Ma’arif NU Kota Malang dengan kegiatan FITK dan Ma’arif Mengajar. FITK dan Ma’arif mengajar ini dilaksanakan di sekolah-sekolah sekitar Malang, salah satunya di MI Islamiyah Pakis Malang. 

Kelompok mengajar di MI Islamiyah Pakis ini menamai kegiatan mereka dengan MARJAN (Mari belajAr beRsama FITK dan Ma’arif Mengajar). Pada rabu, 13 Desember kegiatan MARJAN ini dilaksanakan mulai dari pukul 8 pagi sampai 11 siang. Di MI Islamiyah Pakis ini kelompok mengajar dibagi menjadi 2 kelas, yakni kelas 2 dan kelas 5.

Kegiatan mengajar dilakukan di kelas 2 dan kelas 5. Di kelas 2 mahasiswa menggunakan materi shalat fardhu sebagai materi pembelajaran, selain menggunakan materi keagamaan mahasiswa juga menyelingi pembelajaran dengan materi umum. Model pembelajaran yang digunakan oleh mahasiswa di kelas 2 ini adalah model pembelajaran project based learning. Salah satu mahasiswa berpendapat bahwa model ini bisa membuat siswa lebih aktif dan kreatif.

Di kelompok mengajar kelas 5 mereka menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan menggunakan materi Haji dan Umroh. Dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing menurut mahasiswa, peserta didik akan menjadi lebih aktif dan tidak mudah bosan.