Gladian Pimpinan Regu (DIANPINRU) Pramuka Penggalang Ma’arif Kabupaten Malang

Gladian Pimpinan Regu (DIANPINRU) Pramuka Penggalang Ma’arif Kabupaten Malang

Ribut Iswanto. Senin, 26 Februari 2024

LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang

Satuan Komunitas Pramuka Maarif NU  Menggelar Gladian Pimpinan Regu (DIANPINRU) Pramuka Penggalang SMP/MTs NU di Lingkungan Pendidikan Maarif NU se-Kabupaten Malang serta napak tilas pahlawan nasional (KH Masykur). Acara ini dibuka oleh Ketua PC LP Maarif PCNU Kabupaten Malang Prof. Dr H. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I. di bumi perkemahan MA Al Maarif Singosari Kabupaten Malang, Sabtu (24/02/2024).

Turut hadir pula dalam apel pembukaan Ketua Yayasan Pendidikan Almaarif Singosari (Bp. KH. Moh. Anas Noor, SH, MH.), Wakil Ketua PC LP Maarif NU Kabupaten Malang (H Abdul Kadir M.H) ,Pengurus Sako Maarif NU Kabupaten Malang, Pengurus Kwaran Singosari, Koordinator Kecamatan Sako Pramuka Maarif NU Singosari, Koramil dan Kapolsek Singosari.

“Kegiatan Gladian Pimpinan Regu ini merupakan proses pendidikan dan pengkaderan generasi muda, merupakan pendidikan karakter bagi pramuka penggalang Maarif NU, sekaligus sebagai benteng dari paham radikalisme yang sudah merambah usia remaja. Yang membedakan pramuka maarif NU dan pramuka yang lain adalah pada penekanan paham aswaja annahdliyah, dan Napak tilas pahlawan nasional KH Masykur ini bentuk cinta tanah air dan bangsa telah dicontohkan oleh para ulama pendahulu, maka generasi muda NU hari ini harus bisa mengambil pelajaran dari belliau-beliau termasuk KH Hasyim Asyari kemudian mampu menjadi ruh perjuangan dalam mengisi kemerdekaan, menjadi generasi Z yang siap menghadapai tantangan yang ada ”, kata Kak Amka.

Sementara itu Ketua Yayasan Pendidikan Almaarif Singosari (Bp. KH. Moh. Anas Noor, SH, MH.) menyampaikan “kegiatan sangatlah tepat bila diadakan di singosari, karena cikal bakal Maarif NU Kabupaten Malang tidak lepas dari perjuangan para ulama singosari saat itu, KH KH Muhammad Tohir Bungkuk yang telah mencetak kyai ulama di berbagai penjuru, dan KH Masykur adalah Komandan Hizbullah pada jaman melawan penjajahan. Dan kami sebagai pengurus yayasan al maarif sangat terbuka, monggo kalau mengadakan event atau giat-giat yang bertajuk NU di lingkungan al maarif singosari ini, kami dengan senang hati”, Ujar Gus Anas.

Beliau berharap, “Pramuka Maarif NU harus bisa mencontoh perjuangan beliau-beliau dalam mengisi era milenial ini, sehingga kita nanti bisa menjadi generasi yang seimbang antara kepentingan dunia dan kepentingan akhirat ”, imbuh Gus Anas.

Ribut Iswanto, M.Pd selaku Ketua Pimpinan Sako Pramuka Maarif NU cabang Kabupaten Malang sekaligus pelaksana kegiatan Dianpinru ini mengungkapkan,”Yang terlibat dalam pelaksanaan Kegiatan Gladian Pimpinan Regu (DIANPINRU) Pramuka Penggalang SMP/MTs NU ini diantaranya; Panitia sebanyak 30 dengan perincian; Penegak Ma Al Maarif Singosari 10 anak, Penegak MA Darul Karomah Randu Agung 10 anak, dan Pembina/instruktur 10 orang. Sedangkan peserta  sebanyak 79 dari berbagai lembaga SMP/MTs di lingkungan Maarif NU Kabupaten Malang, kegiatan dilaksanakan selama dua hari Sabtu-minggu tanggal 24-25 Febuari 2024. Hari pertama sabtu berisi materi ruangan; Dunia penggalang, SKU, SKK, Sejarah Kepramukaan, Struktur GP, Leadhership, Managemen Regu, Keagamaan sholat-Yasinan (Nisfu Sya’ban), Ke-Sako-an dan dilanjutkan Api unggun, pentas seni. Sedangkan materi lapangan hari kedua yaitu Olahraga, Apel, Napak tilas, tahlil di makam Mbah Tohir/KH Masykur, dilanjutkan jelajah medan materi kepramukaan, haling rintang dan finish di pemandian kendedes mendapatkan materi/praktek renang dengan instruktur mantan atlit renang kabupaten Amin Jauhar yang juga pernah menjabat sebagai ketua Ansor Singosari pada saat mudanya”, kata Kak Ribut.

Ia menambahkan, “Ini adalah pengalaman yang menyenangkan bagi adik-adik penggalang Maarif NU Kabupaten Malang, untuk mengapresiasi dari usaha dan semangat peserta Gladian Pimpinan Regu, Kegiatan ini mendapat fasilitas kaos lapangan, bed sako, konsumsi, sertifkat dan tiket pemandian” Dia juga menyampaikan “terima kasih tak terhingga kepada semua pihak yang terlibat membantu kegiatan ini, terutama Ma Al Maarif singosari yang telah memfasilitasi sukses dan lancarnya kegiatan ini. Barokallah untuk semua.” Imbuh Kak Ribut.

(Izzy)