Bukan Hanya Teori Tapi Praktik, FITK dan LP Ma’arif Mengajar

Bukan Hanya Teori Tapi Praktik, FITK dan LP Ma’arif Mengajar

Muhammad Masykur Izzy Baiquni, Kamis 15 Desember 2022

LP Ma’arif Kabupaten Malang

Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kab. Malang menggaet mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yakni dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FITK) untuk berkontribusi dan menyalurkan ilmu yang mereka peroleh di bangku perkuliahan melalui program FITK dan LP Ma’arif Mengajar yang dilaksanakan pada hari Sabtu (3/12)

Ketua LP Ma’arif Kab Malang Dr. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I atau yang akrab disapa Kyai Amka menegaskan, bahwa program ini merupakan program penguatan kompetensi bagi mahasiswa untuk menjadi guru profesional, dimana diharuskan pernah praktek di sekolah-sekolah atau madrasah setelah belajar teori Microteaching di kelas.

Kegiatan ini berlokasi di SMP Islam Sunan Giri yang beralamatkan di Jl. Raya Blimbing no. 05 Sumbersuko, Wagir Kabupaten Malang, Kedatangan 11 mahasiswa disambut hangat, baik oleh guru maupun siswa. Meskipun pelaksanaan kegiatan tergolong singkat namun antusiasme siswa sangat luar biasa.

Sufiatul Munadiroh, S.Pd.I, M.Pd.I. selaku kepala sekolah berkata “Kami senang sekali karena sebenarnya pendidikan membutuhkan support. Dan mahasiswa yang datang ke dusun-dusun setiap tahun semakin berkurang. Selain itu sekarang yang dibutuhkan bukan hanya bobot nilai namun juga pendidikan karakter (P5).”

Beliau berharap event yang demikian sering diselenggarakan. Hal tersebut juga selaras dengan yang disampaikan oleh Luqman Ali, S.Pd.I, M.Pd.I selaku koordinator wilayah LP Ma’arif di Wagir bahwa kegiatan ini bukan hanya dilakukan satu kali namun dalam rentang waktu yang lama.

Penulis: Dr.H. Amka