Ziarah Haji ke Prof. Maskuri

Ziarah Haji ke Prof. Maskuri

Dr. Abd. Azis Tata Pangarsa, M.Pd

Sabtu, 5 Agustus 2023, bakda Maghrib, saya mengirim pesan melalui WA ke Pak Amka (Dr. Abdul Malik Karim Amrullah, M.PdI) untuk mengajak beliau sowan sekaligus ziarah haji ke Prof. Dr. Maskuri, M.Si (Rektor UNISMA) yang kemarin baru sampai dari ibadah haji.

Pak Amka, langsung merespon dengan cepat dan membalas pesan WA saya, untuk bakda Isya’ langsung berangkat. Setelah sholat Isya’, saya pun langsung menuju rumah Pak Amka, yang hanya butuh tidak ada satu menit perjalanan naik sepeda motor. Sampai rumah beliau, ternyata Pak Amka sudah bersiap, kami pun berangkat bersama naik mobil Pak Amka.

Sepanjang perjalanan menuju rumah Prof. Maskuri, seperti yang biasa kami lakukan kalau ada acara bersama, kami manfaatkan waktu perjalanan dengan berdiskusi berbagai masalah, kegiatan dan progran-program yang akan dilakukan.

Sesampai di rumah Prof. Maskuri, ternyata kami kebarengan anggota DPRD Kota Malang dari PAN, Pak Pujiono, yang juga berniat ziarah haji.

Kurang lebih satu jam kami mendapatkan wejangan dari Prof. Maskuri terkait berbagai hal. Saya sangat bersyukur, bisa mendapatkan kesempatan ini.

Dari diskusi dengan Pak Amka dan wejangan Prof. Maskuri, saya menyimpulkan bahwasanya menjadi Pemimpin itu tidak mudah, akan selalu ada permasalahan dan kesulitan yang harus diselesaikan. Namun demikian, seorang Pemimpin tidak boleh berputus asa, karena akan selalu ada jalan dan solusi dari setiap permasalahan dan kesulitan.

Ada satu hal lagi yang saya ingat dari wejangan Prof. Maskuri, “Pemimpin yang berhasil bisa dilihat dari apa yang telah dilakukannya selama dia menjabat sebagai Pemimpin, warisan dan monumen apa yang ditinggalkannya.” [AATP]