FKPQ Malang Berkah dan Bermutu

FKPQ Malang Berkah dan Bermutu

Muhammad Masykur Izzy Baiquni. Sabtu 31 Desember 2022

Workshop FKPQ Kota malang

Forum Komunuikasi Pendidikan Al Qur’an (FKPQ) yang diketuai oleh Ustad Ahmad Zainl Fuadi kali ini menyelenggarakan workshop pengembangan kurikulum TPQ dan bagaimana melakukan standarisasi kurikulum. Workshop ini bertema “Mewujudkan . FKPQ kota Malang bekerjasama dengan LP Ma’arif Kabupaten Malang sekaligus sebagai pembina pengembangan kurikulum FKPQ Kota Malang.

Narasumbernya adalah ketua LP Ma’arif Kabupaten Malang Dr. H.Abdul Malik Karim Amrullah,M.Pd.I, dalam workshop tersebut Dr. Amka menjelaskan “FKPQ harus menentukan proses bisnis terlebih dahulu misal nya menggunakan IPO (Input, Proses, Output) dari bisnis proses tersebut kemudian dikembangkan standar, misalnya seleksi guru, FKPQ harus memiliki standar guru TPQ dan seterusnya, harapannya ketika standar tersebut sudah jadi maka akan dikembangkan instrumen kontrol untuk proses supervisi ke semua TPQ yang ada di kota Malang,” ujar Amka.

Ust Ahmad Zain Fuad juga menjelaskan bahwa workshop ini merupakan hal yang baru pertama dilakukan, karena memang FKPQ membutuhkannya. Sementara itu Gus Ahmad Shamton Masduki juga menjelaskan pentingnya pengembangan kurikulum FKPQ ini agar semuanya bisa melakukan evaluasi dengan baik, Gus Ahmad Shamton juga menjelaskan TPQ di Kota Malang bisa juga mengadopsi bahan pelajaran dari pesantren, misalnya nadham yang mengandung muatan lokal dan sebagainya.

Workshop ini akhirnya membentuk kelompok kerja untuk membuat standar kompetensi lulusan FKPQ d kota Malang dan setiap kelompok mempresentasikan di depan pemateri untuk kemudian direview oleh Dr Amka.


Workshop ini juga dihadiri oleh Dr. H. Halimy Zuhdi, para guru TPQ dan pengurus FKPQ kota Malang. Workshop ini dilaksanakan hari selasa, (27/12/2022) di Pondok Pesantren DINNUHA Jalan Danau Diatas F1 D20 Kedungkandang kota Malang.

Penulis: Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah.M.Pd.I

penyunting: mzizzybq

Post Comment