Breaking News
light_mode
Beranda » Muhammad Masykur Izzy Baiquni » Website dalam Pendidikan, untuk Apa?

Website dalam Pendidikan, untuk Apa?

  • account_circle humaslp2
  • calendar_month Rabu, 1 Feb 2023
  • visibility 245

Oleh: Muhammad Masykur Izzy Baiquni

“Jika Anda menggunakan seluruh waktu Anda untuk mengerjakan tugas-tugas yang sangat produktif, Anda akhirnya akan ‘mengurangi’ semua kegiatan tidak produktif yang mungkin mengganggu Anda menyelesaikan tugas utama Anda” Brian Tracy

Rabu 11 Januari 2023 tepat pukul 11:00 wib, kami diundang ke kantor Muslimat Kabupaten Malang. IGTKM hadir memenuhi aula pertemuan. Setiap kecamatan minimal diwakili oleh dua orang pengurus IGTKM dan Saya, Dr. Amka, serta Ahmad Syuhada hadir memenuhi undangan tersebut.

Pertemuan itu salah satunya berbicara tentang pentingnya website di TK Muslimat sebagai salah satu sarana penyampai informasi. Waktu itu saya diminta untuk mempraktekkan menulis kegiatan dan mengunggahnya di website LP Ma’arif dengan waktu yang diberikan sangat sedikit, dan kemudian ditunjukkan kepada peserta sebagai salah satu bukti bahwa informasi bisa bergerak sangat cepat dan bisa diakses dengan mudah.

Obrolan tentang website ternyata masih kadang menjadi buah bibir ketika kami melakukan kegiatan. Kami di LP Ma’arif sangat ingin memberikan informasi tentang beragam kegiatan yang kami lakukan, bisa jadi ini sangat bermanfaat bagi madrasah-madrasah yang sudah bergabung ataupun yang belum “mengenal” lebih dekat LP Ma’arif periode 2022 ini, bahkan Kami juga berbicara data dan aplikasi dengan menunjukkan website kami. Ini merupakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang positif. Pemanfaatan TIK untuk pengembangan madrasah-madrasah Ma’arif adalah sebuah keniscayaan. Apalagi pengguna internet di Indonesia telah mencapai 76,8 persen berdasarkan data Maret 2021. 

Menurut saya, hadirnya website akan menjadi salah satu trigger interaksi antara  Ma’arif Kabupaten Malang dengan sekolah/madrasah. Website LP Ma’arif Kabupaten Malang bisa menjadi portal utama untuk berbagi pengetahuan kepada sekolah/madrasah.

Website tentunya juga perlu dibuat dengan tampilan yang menarik, baik dari desain ataupun konten. Sangat disarankan bahwa website yang dimiliki sekolah/madrasah memiliki konten yang berisi informasi kelembagaan, informasi pendidik dan tenaga kependidikan, informasi visi, misi, dan kurikulum, informasi siswa, sarana prasarana, dan yang tidak kalah penting informasi sejarah lembaga, prestasi sekolah/madrasah dan hal yang perlu dan penting untuk akses publik.

Website Saya umpamakan sebagai jendela di mana masyarakat bisa mengetahui informasi tentang sekolah/madrasah. “Untuk apa website bagi kami yang berada di pelosok?” Seorang guru berusia setengah baya melontarkan pertanyaan itu kepada saya. Website sebagai sumber informasi dan dokumentasi, adalah sarana komunikasi yang penting dan bermanfaat untuk modal keberlangsungan lembaga, memudahkan pengguna untuk mengelola informasi ma’arif dan sekolah/madrasah.

Dari beberapa literatur serta perjalanan “bergumul” saya di website LP Ma’arif Kabupaten Malang, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan adanya website entah itu bagi LP Ma’arif ataupun untuk sekolah/madrasah. Website bermanfaat untuk proses pengabdian, berkontribusi dalam upaya pemasaran Ma’arif dan sekolah/madrasah, mendorong akuntabilitas dan kolaborasi dengan konstituante, sebagai sumber informasi dan dokumentasi, sarana interaksi, sarana pembelajaran, dan mungkin masih banyak lagi. Namun, yang tidak kalah penting adalah pengelolaan website semakin professional semakin baik dan yang sangat penting adalah harus selalu ada informasi terbaru ma’arif dan sekolah/madrasah secara real-time. Situs web sebagai alat komunikasi penting perlu terus ditingkatkan oleh pengelolanya.

McKenzie menjelaskan bahwa membangun website sekolah/madrasah memiliki beberapa tujuan yaitu: Pertama, memperkenalkan sekolah kepada pengunjung dan siapa saja yang ingin mengetahui tentang misi dan tujuan sekolah; Kedua, bertindak sebagai pusat sumber yang menawarkan tautan informasi dai World Wide Web yang relevan dan mendidik bagi guru, orang tua, dan siswa; Ketiga, bertindak sebagai platform untuk mempublikasikan karya siswa; Empat, menyediakan konten yang relevan dan informatif secara lokal.

Dalam Buku Manajemen Madrasah Teori, Riset, dan Praktik, Munadi dan Umar mengutip hasil penelitian Laugi (2020) yang menunjukkan bahwa: Pertama, website merupakan perangkat yang sangat kompleks karena menggabungkan berbagai domain melalui jaringan internet, sehingga menghasilkan data yang kompleks berupa teks, gambar, video, audio, dan animasi. Kedua, website sekolah yang baik harus memenuhi kriteria berikut: mudah, struktur navigasi, desain grafis, konten, kompatibel, cepat, fungsional, dapat diakses oleh semua orang, dan interaktif; Ketiga, website sekolah merupakan sarana penting dalam pengelolaan sekolah, tidak hanya secara internal tetapi juga eksternal; Keempat, dampak kemajuan TI telah merambah berbagai bidang kehidupan, sehingga sekolah harus memiliki sistim informasi berbasis web; Kelima, web sekolah harus dikembangkan dalam doamain bisnis utama sekolah yaitu pendidikan dan pembelajaran; Keenam, untuk menjamin terjadinya manajemen sekolah berbasis web, prinsip-prinsip dasar manajemen web sekolah harus dijalankan dengan baik.

Website yang berguna sebagai media informasi, komunikasi antara sekolah, siswa, dan orang tua bisa kita temukan di banyak Negara, Saya mengambil contoh pengembangan website di Negara Finlandia. Ratih D. Adiputri menguraikan bahwa seluruh informasi pendidikan dan pedagogi Finlandia tersimpan dalam situs web peda.net.. Informasi sekolah ada di peda.net. dan yang menyangkut pertemuan sekolah atau kelas tertentu, biasanya sekolah akan mengirimkan juga informasi itu ke media wilma melalui wilma.jkl.fi.  

Jadi, apakah Ma’arif dan sekolah/madrasah harus terus mengembangkan website?….

Wallahu a’lam

Selasa, 31 Januari 2023

  • Penulis: humaslp2

Rekomendasi Untuk Anda

  • Kurikulum, Kyai, Dan Profesor

    Kurikulum, Kyai, Dan Profesor

    • calendar_month Rabu, 6 Mar 2024
    • account_circle humaslp
    • visibility 239
    • 0Komentar

    Prof. Dr. K.H. Imam Suprayogo LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang Dulu, pesantren tidak membutuhkan kurikulum. Hasilnya hebat. Lahir tokoh-tokoh agama dari pesantren. Para santri datang ke pesantren berniat belajar ke kyai yang dikenal kealimannya. Masing-masing kyai memiliki keilmuan yg berbeda-beda, sehingga para santri pun ketika memilih Kyai, menyesuaikan jenis ilmu yang mereka ingin dalami. Para […]

  • Giat Literasi dan Studi Kunjung Perpustakaan UIN Maliki Malang oleh Siswa MA PIQ Singosari Gunq Perkuat Budaya Baca

    Giat Literasi dan Studi Kunjung Perpustakaan UIN Maliki Malang oleh Siswa MA PIQ Singosari Gunq Perkuat Budaya Baca

    • calendar_month Selasa, 6 Mei 2025
    • account_circle humaslp2
    • visibility 279
    • 0Komentar

    Senin, o5 Mei 2025 LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang Malang – Sebanyak 24 siswa Madrasah Aliyah Pendidikan Ilmu Al Quran (MA PIQ) Singosari Malang didampingi oleh lima guru pendamping antusias mengikuti giat literasi dan studi kunjung ke Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang pada hari ini, Senin (5/5/2025). Kegiatan ini […]

  • Rapat Koordinasi MoU LP Maarif PCNU Kabupaten Malang dan PC IPNU serta PC IPPNU Kabupaten Malang

    Rapat Koordinasi MoU LP Maarif PCNU Kabupaten Malang dan PC IPNU serta PC IPPNU Kabupaten Malang

    • calendar_month Senin, 13 Mei 2024
    • account_circle humaslp
    • visibility 155
    • 0Komentar

    Malang, 14 Mei 2024 LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang Kabupaten Malang, 13 Mei 2024 – Kemitraan strategis antara Lembaga Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama (LP Maarif) PCNU Kabupaten Malang dengan PC Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Malang mengambil langkah signifikan dengan melalui Rapat Koordinasi guna membahas implementasi Memorandum […]

  • Pemimpin Perubahan Positif

    Pemimpin Perubahan Positif

    • calendar_month Kamis, 20 Jul 2023
    • account_circle humaslp2
    • visibility 163
    • 0Komentar

    Oleh: Muhammad Masykur Izzy Baiquni “Meningkatkan berarti mengubah, jadi kesempurnaan terwujud karena perubahan berkelanjutan” Winston Churchill Hari ini saya media sosial di beberapa group WhatsApp dibanjiri dengan berbagai informasi ramainya banyak lembaga pendidikan yang tidak mendapatkan murid baru, baik dari tingkatan dasar sampai pada tingkatan atas. Pertanyaan selanjutnya bagaimana dengan Lembaga Pendidikan Islam seperti madrasah […]

  • Declaration of Ma’arif Day “Freedom and Happiness”

    Declaration of Ma’arif Day “Freedom and Happiness”

    • calendar_month Sabtu, 28 Jan 2023
    • account_circle humaslp2
    • visibility 135
    • 0Komentar

    Muhammad Masykur Izzy Baiquni. Jumat 27 Januari 2023 LP Ma’arif Kabupaten Malang. “Mahatma Gandhi berkata ‘Happiness is when what you think, what you say, and what you do are in harmony” pidato pembuka Dr. Amka di depan guru dan semua siswa MTs. serta MA Nurul Huda Ngajum pada hari Jum’at (27/01/2023). Rombongan dari LP Ma’arif […]

  • LP Ma’arif “Sokong” Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan KKMI Malang

    LP Ma’arif “Sokong” Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan KKMI Malang

    • calendar_month Kamis, 4 Jul 2024
    • account_circle humaslp
    • visibility 126
    • 0Komentar

    Bq. Jumat 5 Juli 2024 LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang. Loyalitas LP Ma’arif PCNU kabupaten Malang untuk selalu meningkatkan kualitas kelilmuan dan kesejahteraan para guru sangat massif. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Sertifikasi MI Kabupaten Malang: Efektif, Sinergi, Inovatif, Prestasi. Di Hotel Grand MIAMI Kepanjen inilah KKMI di bawah kepemimpinan Drs. Moh. Said sukses menggelar acara […]

expand_less